Studi analisis penerapan fungsi-fungsi manajemen pada kegiatan dakwah di Pondok Pesantren Al-Mabrur Kecamatan Boja Kabupaten Kendal

Maulidiah, Rosdiana (2022) Studi analisis penerapan fungsi-fungsi manajemen pada kegiatan dakwah di Pondok Pesantren Al-Mabrur Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701036001_Rosdiana_Maulidiah] Text (Skripsi_1701036001_Rosdiana_Maulidiah)
Skripsi_1701036001_Rosdiana_Maulidiah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kecamatan Boja yang pendudukanya mayoritas beragama Islam memiliki banyak tempat pembelajaran untuk Agama Islam terutama, pembelajaran Al-Qur’an yang biasa disebut TPQ. Banyak juga terdapat sekolah yang berbasis Agama Islam di Kecamatan Boja, namun jarang ditemui pembelajaran yang mengkaji kitab klasik atau yang biasa kitab kuning di Kecamatan Boja. Sehingga agar tidak punah ilmu yang mengkaji kitab klasik atau kitab kuning di bentuklah Pondok Pesantren Al-Mabrur Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Dalam pelaksanaannya terdapat penerapan fungsi-fungsi Manajemen pada kegiatan dakwah di Pondok Pesantren Al-Mabrur Kecamatan Boja Kabupaten Kendal.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan fungsi-fungsi manajemen pada kegiatan dakwah di Pondok Pesantren Al-Mabrur Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis field research, karena penelitian ini diperlukan data dimana peneliti mengambil data secara langsung dilapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul penulis melakukan reduksi data, verifikasi data dan diakhiri dengan kesimpulan.
Hasil dari penelitian bahwa Pondok Pesantren Al-Mabrur Kecamatan Boja Kabupaten Kendal dalam menjalankan kegiatan dakwah menerapkan fungsi-fungsi manajemen yaitu sebagai berikut: 1) Perencanaan (Planing), perencanaan di Pondok Pesantren Al-Mabrur dengan pembentukan program kerja jangka pendek dan panjang, serta adanya jadwal kegiatan harian, mingguan dan tahunan. 2) Pengorganisasian (Organization), pengorganisasian di Pondok Pesantren Al-Mabrur dengan adanya struktur kepengurusan yang memiliki tugas, tanggung jawab serta wewenang yang sesuai dengan jabatan pengurus pondok. 3) Penggerakan (Actuating), yaitu dengan metode pengkajian ilmu Agama Islam yang beragam seperti sorogan, bandongan, demontrasi dan diskusi. Juga dengan penerapan langkah-langkah penggerakan yaitu pemberian motivasi dan bimbingan yang efektif dan efisien kepada para santri, bimbingan, menjalin hubungan dengan santri serta orang tua atau wali santri. 4) Pengawasan (Controlling), yaitu dengan pengawasan kepada santri dengan disusun sebuah tata tertib, dimana pelanggaran tata tertib akan mendapatkan hukuman atau sanksi, juga melakukan pertemuan baik dengan santri yang melanggar ataupun dengan orang tua atau wali santri dan evaluasi.
Keempat fungsi manajemen diterapkan dengan baik oleh baik pengasuh, kepala, pengurus dan santri di Pondok Pesantren Al-Mabrur yang terlihat dari tetap berdirinya Pondok Pesantren Al-Mabrur dan santri yang masih berdatangan untuk menjadi santri di Pondok Pesantren Al-Mabrur Kecamatan Boja Kabupaten Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fungsi Manajemen; Kegiatan Dakwah; Pondok Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Oct 2023 07:41
Last Modified: 07 Oct 2023 07:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21307

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics