Upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan penggunaan metode reading guide dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis pokok bahasan berkompetisi dalam kebaikan kelas XI IPS 1 di MA NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus 2010/2011
Misbahul Munir, Muhammad (2011) Upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan penggunaan metode reading guide dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis pokok bahasan berkompetisi dalam kebaikan kelas XI IPS 1 di MA NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63111111-Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
63111111-Bab1.pdf - Accepted Version
Download (49kB) | Preview
63111111-Bab2.pdf - Accepted Version
Download (109kB) | Preview
63111111-Bab3.pdf - Accepted Version
Download (46kB) | Preview
63111111-Bab4.pdf - Accepted Version
Download (100kB) | Preview
63111111-Bab5.pdf - Accepted Version
Download (21kB) | Preview
63111111-Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide pada pembelajaran al-Qur’an Hadis pokok bahasan berkompetisi dalam kebaikan Kelas XI IPS I Semester Genap di MA NU Hasyim Asyari 03 Kudus.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa XI IPS I Semester Genap di MA NU Hasyim Asyari 03 Kudus tahun 2010/2011 dengan jumlah peserta didik sebanyak 38 orang. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap dari setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Proses pembelajaran al-Qur’an Hadis dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individu maupun klasikal.
Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan metode: tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil pengamatan tes prestasi (achievement test) atau nilai evaluasi diolah dengan statistik deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keberhasilan penerapan metode Reading Guide dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis pokok bahasan berkompetisi dalam kebaikan bagi peserta didik kelas XI IPS 1 di MA NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik. Pada proses pembelajaran Pra Siklus, pembelajaran yang terjadi di kelas belum cukup kondusif, karena peserta didik cenderung kurang aktif dalam menerima pelajaran, sulit menemukan titik fokus terhadap mata pelajaran, malu untuk bertanya, kurang membaca dan basik kemampuan siswa yang rendah. Pada pembelajaran siklus I, dengan penerapan metode Reading Guide proses pembelajaran yang berlangsung sudah membaik, ini terlihat dari prosentase keaktifan peserta didik 54, 35% dan prestasi belajar mengalami kenaikan dengan prosentase ketuntasan belajar peserta didik yang semula 44,74% menjadi 60,52% dengan rata-rata semula 57,37 naik menjadi 68,81. Pada pembelajaran siklus II, dengan penerapan metode Reading Guide proses pembelajaran sudah terpusat pada materi pelajaran. Hal ini terlihat dari kenaikan prosentase keaktifan siswa dari siklus I, 54,35% menjadi 71,55% dan prosentase ketuntasan belajar pada siklus 60,52% menjadi 78,94%, sedangkan nilai rata-rata peserta didik siklus I, 68,81 menjadi 77,76. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari pra siklus ke siklus I kemudian ke siklus II dan tidak perlu dilakukan siklus III.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar; Pembelajaran al-Qur’an; Metode Pembelajaran; Reading Guide |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 03 Jun 2014 03:26 |
Last Modified: | 03 Jun 2014 03:26 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2131 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year