Studi komparasi tentang kemampuan membaca al-Qur’an siswa yang menggunakan metode al-Ma’arif di TPQ NU 13 Al-Ma’arif Kembangan Kaliwungu dengan siswa yang menggunakan metode Qiroati di TPQ Mustabanul khoirot Saribaru Keliwungu Kendal
Suryani, Siti (2011) Studi komparasi tentang kemampuan membaca al-Qur’an siswa yang menggunakan metode al-Ma’arif di TPQ NU 13 Al-Ma’arif Kembangan Kaliwungu dengan siswa yang menggunakan metode Qiroati di TPQ Mustabanul khoirot Saribaru Keliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63111120-Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (685kB) | Preview
63111120-Bab1.pdf - Accepted Version
Download (33kB) | Preview
63111120-Bab2.pdf - Accepted Version
Download (175kB) | Preview
63111120-Bab3.pdf - Accepted Version
Download (23kB) | Preview
63111120-Bab4.pdf - Accepted Version
Download (62kB) | Preview
63111120-Bab5.pdf - Accepted Version
Download (7kB) | Preview
63111120-Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang studi komparasi kemampuan membaca al-Qur’an siswa yang menggunakan Metode al-Ma’arif dengan siswa yang menggunakan metode Qiroati. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana tingkat kemampuan membaca al-Qur’an siswa yang menggunakan metode al-Ma’arif di TPQ NU 13 al-Ma’arif Kembangan Kaliwungu? (2) Bagaimana tingkat kemampuan membaca al-Qur’an siswa yang menggunakan metode Qiroati di TPQ Mustabanul Khoirot Saribaru Kaliwungu? (3) Adakah Perbedaan kemampuan membaca al-Qur’an antara siswa yang menggunakan metode al-Ma’arif di TPQ NU 13 al-Ma’arif Kembangan Kaliwungu dengan siswa yang menggunakan metode Qiroati di TPQ Mustabanul Khoirot Saribaru Kaliwungu?.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang langsung dilakukan di lapangan atau pada responden. Sampel penelitian sebanyak 47 responden yang terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama siswa yang belajar dengan metode al-Ma’arif sebanyak 22 dan siswa yang menggunakan metode Qiroati sebanyak 25 siswa. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan tes lisan untuk mengetahui kemampuan membaca al-Qur’an antara yang menggunakan metode al-ma’arif dengan siswa yang menggunakan metode Qiroati, sedangkan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk pengumpulan data pendukung lainnya.
Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis komparasi dengan rumus t-test. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan membaca al-Qur’an siswa yang menggunakan metode al-Ma’arif termasuk dalam kualifikasi “Baik”. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu 75,5455. (2) Kemampuan membaca al-Qur’an siswa yang menggunakan metode Qiroati termasuk dalam kualifikasi “Cukup”. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu 71,04. (3) Dari analisis uji hipotesis diperoleh hasil to (t observasi) adalah 2,839. Sedangkan tt (t tabel) untuk taraf signifikansi 5% yaitu 1,67 dan taraf signifikansi 1% yaitu 2,39. Ini berarti nilai t observasi lebih besar dari t tabel. Berarti ada perbedaan kemampuan membaca al-Qur’an antara siswa yang menggunakan metode al-Ma’arif di TPQ Al-Ma’arif Kembangan Kaliwungu dengan siswa yang menggunakan metode Qiroati di TPQ Mustabanul Khoirot Saribaru kaliwungu.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi orang tua, guru dan siswa agar selalu memperhatikan aktivitas belajar al-Qur'an kesehariannya sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran al-Qur’an; Metode al-Ma’arif; Metode Qiroati |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 03 Jun 2014 03:39 |
Last Modified: | 03 Jun 2014 03:39 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2135 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year