Pengembangan wisata religi berbasis 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) di Makam Sunan Katong Kaliwungu Kendal

Fitriyana, Wulan (2022) Pengembangan wisata religi berbasis 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) di Makam Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801036072_Wulan_Fitriyana] Text (Skripsi_1801036072_Wulan_Fitriyana)
Skripsi_1801036072_Wulan_Fitriyana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan wisata religi dalam konsep 3 A pariwisata di makam Sunan Katong. Untuk mendapatakan potensi daya tarik yang tinggi, yang perlu dilakukan adalah dapat mengembangkan wisata religi agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Penerapan konsep 3 A (Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas) pariwisata dapat membantu dalam pengembangan destinasi wisata.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, untuk mendapatkan data yang diperlukan peneliti menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknis analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan data peneliti menggunakan teknik pengecekan keabsahan data triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan di makam Sunan Katong sudah menerapkan konsep 3 A pariwisata. Wisata religi Sunan Katong merupakan salah satu wisata religi yang berkembang di kabupaten Kendal. Wisata religi Sunan Katong memiliki daya tarik situs budaya. Amenitas merupakan sarana prasarana di makam Sunan Katong yang dapat membantu kebutuhan pengunjung. Nilai aksesibilitas di makam Sunan Katong dapat membantu kemudahan pengunjung menuju ke makam. Peneliti menggunakan konsep 3 A agar dapat mengetahui seberapa jauh perkembangan di wisata religi Makam Sunan Katong. Karena konsep 3 A pariwisata dapat mengetahui pengembangan wisata dan dapat membantu pengembangan di sebuah destinasi wisata.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wisata Religi; Pengembangan; Atraksi; Amenitas; Aksesibilitas
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Oct 2023 09:05
Last Modified: 09 Oct 2023 09:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21350

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics