Pengaruh penggunaan fitur paylater, purchase intention dan spirituality terhadap perilaku impulsive buying pengguna e-commerce shopee : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Riska, Raihani (2023) Pengaruh penggunaan fitur paylater, purchase intention dan spirituality terhadap perilaku impulsive buying pengguna e-commerce shopee : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026010_Riska_Raihani] Text (Skripsi_1905026010_Riska_Raihani)
1905026010_Riska Raihani_Full Skripsi - Riska Raihani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Berkembang pesatnya fintech (financial technology) didasari oleh kebutuhan manusia yang mengacu pada kehidupan yang bersifat praktis dan modern. Metode pembayaran yang sebelumnya dikenal hanya berupa pembayaran tunai, cek atau bilyet giro dan kartu debit atau kredit kini beralih pada sistem pembayaran baru yang berbasis elektronik seperti m-banking, virtual account, aplikasi pembayaran (ovo, dana, gopay dll) hingga kredit online. Hal ini terutama banyak dialami oleh kalangan mahasiswa yang cenderung lebih memilih berbelanja secara online. Salah satu layanan pinjaman yang muncul sekarang ini adalah Shopee Paylater. Shopee Paylater mampu memberikan kemudahan dengan metode pembayaran dana pinjaman yang sifatnya instan dari perusahaan dengan cara mencicil atau pembayaran lunas disaat tanggal jatuh tempo pinjaman.
Dengan adanya kemudahan yang ditawarkan oleh fitur shopee paylater tersebut membuat para mahasiswa cenderung lebih konsumtif atau bahkan tanpa disadari sering melakukan impulsive buying (pembelian impulsif). Oleh karenanya penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh dari penggunaan fitur paylater, purchase intention dan spiritualitas terhadap perilaku impulsive buying pengguna e-commerce shopee.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif sehingga data yang digunakan merupakan hasil dari penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode Convenience Sampling. Responden diambil dari seluruh mahasiswa/i UIN Walisongo Semarang dan diolah dengan menggunakan software SPSS.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan fitur paylater berpengaruh positif terhadap perilaku impulsive buying pengguna e-commerce shopee, purchase intention berpengaruh positif terhadap perilaku impulsive buying pengguna e-commerce shopee, spiritualitas tidak berpengaruh positif terhadap perilaku impulsive buying pengguna e-commerce shopee serta penggunaan fitur paylater, purchase intention dan spiritualitas secara serentak memiliki pengaruh positif terhadap perilaku impulsive buying pengguna e-commerce shopee.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Finansial technology; e-Commerce; Shopee; impulsive buying; fitur paylater
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 10 Oct 2023 09:36
Last Modified: 10 Oct 2023 09:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21399

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics