Upaya guru pendidikan agama islam dalam penanaman nilai-nilai moderasi beragama bagi siswa MTS I’anatul Muta’allimin Kubangwungu Ketanggungan Brebes

Fawaz, Ahmad (2023) Upaya guru pendidikan agama islam dalam penanaman nilai-nilai moderasi beragama bagi siswa MTS I’anatul Muta’allimin Kubangwungu Ketanggungan Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016148_AHMAD_FAWAZ] Text (SKRIPSI_1703016148_AHMAD_FAWAZ)
1703016148_Ahmad Fawaz_Full Skripsi - Hiut Danalam.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai Moderasi Beragama bagi siswa MTs I’anatul Muta’allimin Kubangwungu Ketanggungan Brebes. Kepala Madrasah dan Guru merupakan komponen penentu dalam penanaman nilai moderasi beraama yang ada di Madrasah. Maka dari itu Pertanyaan penelitian ini dalam skripsi adalah apa saja nilai-nilai moderasi beragama yang ditanamkan oleh para guru PAI di MTs I’anatul Muta’allimin Kubangwungu dan bagaimana upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama bagi siswa di MTs I’anatul Muta’allimin Kubangwungu Ketanggungan Brebes?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan yang dilakukan di MTs I’anatul Muta’allimin Kubangwungu ketanggungan Brebes. Untuk menggali data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini bahwa yang pertama, nilai-nilai moderasi beragama yang ditanamkan oleh Guru PAI di MTs I’anatul Muta’allimin yaitu nilai keadilan (Ta’adul), nilai keseimbangan (Tawazun), toleransi (Tasamuh), dan selalu berada di tengah-tengah atau tidak berlebihan (Tawasuth), Pemberian Contoh (Qudwah) dan Cinta Tanah Air (\Muwathanah). Kemudian yang kedua penanaman nilai-nilai moderasi beragama bagi siswa di MTs I’anatul Muta’allimin yang dilakukan oleh Guru adalah melalui pembelajaran di kelas, upacara bendera rutin dua minggu sekali dan beberapa hari besar nasional, ekstrakulikuler yaitu Pramuka, kesenian Hadrah dan Marching Band.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama; MTs I’anatul Muta’allimin; PAI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:39
Last Modified: 12 Oct 2023 07:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21481

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics