Trilogi kepemimpinan guru pada sistem among Ki Hajar Dewantara dalam tinjauan Al-Qur’an dan relevansinya dengan pendidikan islam

Yasin, Mohammad Nuri (2023) Trilogi kepemimpinan guru pada sistem among Ki Hajar Dewantara dalam tinjauan Al-Qur’an dan relevansinya dengan pendidikan islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1803016100_MOHAMMAD_NURI_YASIN] Text (SKRIPSI_1803016100_MOHAMMAD_NURI_YASIN)
1803016100_Mohammad Nuri Yasin_Lengkap Tugas Akhir - Mohammad Nuri Yasin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Akhir-akhir ini dunia pendidikan menjadi pusat perhatian publik, pasalnya banyak terjadi kasus yang sepatutnya tidak terjadi dalam dunia pendidikan, seperti kekerasan, pelecehan, serta hal lainnya yang tidak mencerminkan orang-orang yang terdidik. Hal tersebut menyadarkan kita betapa perlunya suatu pola pemikiran, landasan, sistem pendidikan, dan penerapan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konsep Trilogi Kepemimpinan guru dalam tinjauan Al-Qur’an dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Metode penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah identifikasi wacana dari buku-buku, artikel, kitab tafsir, web (internet), dan informasi lainnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah conten analysis (analisis kandungan pemikiran).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Trilogi Kepemimpinan guru pada Sistem Among Ki Hajar Dewantara dalam tinjauan Al-Qur’an memiliki isi pengajaran yang dapat diimplementasikan dalam dunia pendidikan, seperti halnya (1) Di depan seorang guru dapat memberikan contoh yang baik kepada anak didiknya, (2) Di tengah guru membangkitkan semangat, prakarsa dan memberikan motivasi untuk kemajuan anak didiknya, (3) Di belakang seorang guru ikut memberi pengawasan, peringatan dan evaluasi yang disertai dengan dukungan. Kemudian relevansi dengan pendidikan Islam adalah didasarkan pada landasan keilmuan serta pelaksanaannya, pendidikan Islam menuntun manusia kepada keselamatan dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Trilogi Kepemimpinan; Sistem Among dan Al-Qur’an.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:29
Last Modified: 13 Oct 2023 07:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21526

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics