Hubungan antara persepsi peserta didik pada mata pelajaran matematika dengan hasil belajar matematika kelas X MA NU Nurul Huda Mangkang
Widayani, Widayani (2011) Hubungan antara persepsi peserta didik pada mata pelajaran matematika dengan hasil belajar matematika kelas X MA NU Nurul Huda Mangkang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63511026_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (622kB) | Preview
63511026_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (36kB) | Preview
63511026_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (143kB) | Preview
63511026_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (71kB) | Preview
63511026_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (82kB) | Preview
63511026_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (26kB) | Preview
63511026_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (18kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi antara dua variabel. Sampel penelitian sebanyak 40 responden, menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk menjaring data persepsi peserta didik (X) dan soal tes untuk menjaring data hasil belajar (Y). Instrumen soal sebelum digunakan untuk mendapat data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda.
Data penelitian terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan persepsi peserta didik pada mata pelajaran Matematika dengan hasil belajar Matematika, ditunjukkan oleh koefisien korelasi (r) 0,712 pada taraf signifikan . (2) Nilai koefisien yang positif menunjukkan bahwa hubungan antara persepsi peserta didik pada mata pelajaran Matematika dengan hasil belajar Matematika searah. Hal ini berarti ada hubungan yang positif antara persepsi peserta didik pada mata pelajaran Matematika dengan hasil belajar Matematika yang signifikan. Besarnya hubungan antara persepsi peserta didik dengan hasil belajar adalah 0,712. Melihat dari besarnya hubungan tersebut, bisa dikatakan hubungan persepsi peserta didik dengan hasil belajar Matematika kuat.Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang agar bisa membuat Matematika menjadi mata pelajaran yang disenangi, supaya peserta didik memiliki pandangan atau persepsi yang lebih baik lagi terhadap Matematika, sehingga akan mendorong peserta didik untuk lebih semangat dan termotivasi dalam belajar. Sehingga hasil belajar Matematika menjadi lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 06 Jun 2014 07:14 |
Last Modified: | 19 Jun 2021 07:34 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2168 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year