Citra prodi dan prospek kerja lulusan dalam perspektif mahasiswa jurusan Manajemen Haji Dan Umrah

Salma Farizkya NP (2023) Citra prodi dan prospek kerja lulusan dalam perspektif mahasiswa jurusan Manajemen Haji Dan Umrah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1901056049_Salma Farizkya NP_Lengkap] Text (Skripsi_1901056049_Salma Farizkya NP_Lengkap)
Skripsi_1901056049_Salma Farizkya NP_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Salma Farizkya NP (1901056049), Citra Prodi dan Prospek Kerja Lulusan dalam Perspektif Mahasiswa Jurusan Manajemen Haji dan Umrah.
Menentukan jurusan merupakan satu hal yang tak mudah. Setiap orang memiliki perspektif masing-masing mengenai jurusan yang akan dipilih. Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan calon mahasiswa adalah citra prodi dan prospek kerja meskipun banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhi di dalamnya, baik faktor eksternal maupun internal. Faktor eksternal yang mempengaruhi keputusan mahasiswa memilih program studi diantaranya Citra prodi , prospek kerja, fasilitas dan lain-lain. Sedangkan faktor internalnya adalah minat, lingkungan sekitar dan dorongan keluarga. Penelitian ini membahas tentang perspektif mahasiswa manajemen haji dan umrah mengenai citra prodi dan prospek kerja terhadap. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui perspektif mahasiswa mengenai citra prodi mahasiswa jurusan manajemen haji dan umrah.2) Untuk mengetahui perspektif mahasiswa mengenai prospek kerja jurusan mahasiswa manajemen Haji dan Umrah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode kualitaif dengan pendekatan studi fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket yang dijadikan sebagai pengumpulan data yang utama yang kemudian didukung dengan wawancara. Penelitian ini dilakukan kepada seluruh mahasiswa angkatan 2019 dan 2021 jurusan Manajemen Haji dan Umrah (MHU) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Adapun data yang sudah ada dianalisis menggunakan analisis model Milles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa memiliki perspektif tersendiri mengenai citra prodi dan prospek kerja sebelum memlilih jurusan. Mengenai citra prodi mahasiswa memiliki sudut pandang bahwa citra prodi yang masih proses pada masa itu tidak membuat mereka menjadi mundur untuk memilih prodi haji dan umrah. Mereka merasa ada keuinkan di jurusan tersebut. Selain itu akreditasi yang masih C tidak menjadi patokan utama mereka dalam memilih jurusan MHU. Mengenai prospek kerja mempunyai perspektif jika prospek kerja bisa saja tidak sesuai dengan jurusan yang diambil sebelumnya dan semua tergantung oleh pribadi masing-masing. Namun harapan utama meraka tetap linier yaitui dalam bidang haji dan umrah serta menerapkan ilmu-ilmu yang telah dipelajari selama perkuliahan, namun tidak menutup kemungknan untuk bekerja diluar bidang tersebut sesuai dengan kapasitas dan kondisional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perspektif; Mahasiswa; Jurusan Manajemen Haji Dan Umrah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:25
Last Modified: 18 Oct 2023 06:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21707

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics