Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik kelas VIII-B semester genap MTs NU 20 Kangkung Kendal tahun ajaran 2009/2010
Rahman, Arif Kurnia (2011) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik kelas VIII-B semester genap MTs NU 20 Kangkung Kendal tahun ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63611003_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (555kB) | Preview
63611003_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (34kB) | Preview
63611003_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (163kB) | Preview
63611003_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (88kB) | Preview
63611003_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (137kB) | Preview
63611003_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
63611003_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik kelas VIII-B MTs NU 20 Kangkung Kendal pada mata pelajaran fisika materi pokok usaha dan energi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, di mana tiap siklusnya meliputi 4 tahap yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Faktor yang diteliti adalah aktivitas belajar dan hasil belajar (kognitif). Data hasil belajar kognitif diambil melalui nilai tes setiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas belajar diperoleh melalui lembar observasi.
Dari hasil penelitian, hasil belajar kognitif peserta didik sebelum tindakan masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu nilai reratanya 51,98 dengan presentase ketuntasan klasikal 43,90%. Setelah diberikan tindakan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, nilai tes rerata hasil belajar pada siklus I dan II berturut-turut adalah 70,73 dan 81,22 dengan persentase ketuntasan klasikal 78,05% dan 90,24%. Sedangkan nilai rerata aktivitas belajar pada siklus I dan II berturut-turut adalah 60,98 dan 69,51 dengan persentase ketuntasan klasikal 53,66% dan 82,93%.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik kelas VIII-B Semester Genap MTs NU 20 Kangkung Kendal Tahun ajaran 2009/2010 pada materi pokok Usaha dan Energi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Fisika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 10 Jun 2014 03:43 |
Last Modified: | 10 Jun 2014 03:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2175 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year