Pemanfaatan alat-alat laboratorium fisika untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 1 MAN 1 Blora semester gasal tahun pelajaran 2010 / 2011 pada materi pokok gerak getaran
Innayah, Siti Nur (2011) Pemanfaatan alat-alat laboratorium fisika untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 1 MAN 1 Blora semester gasal tahun pelajaran 2010 / 2011 pada materi pokok gerak getaran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63611009_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
63611009_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (24kB) | Preview
63611009_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (118kB) | Preview
63611009_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (63kB) | Preview
63611009_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (66kB) | Preview
63611009_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (8kB) | Preview
63611009_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas XI IPA 1 semester gasal MAN 1 Blora pada materi pokok gerak getaran. 2) Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 1 semester gasal MAN 1 Blora pada materi pokok gerak getaran.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif, lembar observasi digunakan untuk mengukur keaktifan peserta didik selama pelaksanaan proses pembelajaran. Data hasil penelitian diolah dengan analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian, pada pra siklus hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai rata-rata sebesar 54,7 dengan ketuntasan klasikal 23,68%. Pada siklus 1 nilai rata-rata hasil belajar peserta didik aspek kognitif adalah 65,43 dengan ketuntasan klasikal 51,43%, pada siklus 1 ini rata-rata peserta didik naik 7,73 poin dibanding dengan rata-rata pada pra siklus, sedangkan hasil keaktifan peserta didik siklus I ini sebesar 71,7% dengan kategori baik. Pada siklus II, hasil belajar kognitif adalah sebesar 81,39 dengan ketuntasan klasikal sebesar 94,44% , sedangkan hasil keaktifan peserta didik pada siklus II ini sebesar 79,5% dengan kategori baik. Peserta didik dikatakan aktif ditandai dengan semua peserta didik ikut terlibat dalam kelompoknya, peserta didik aktif bertanya dan memberikan pendapat untuk pemecahan masalah, peserta didik dapat menyusun alat dengan benar serta mengambil data dengan tepat, dan semua peserta didik dapat menarik kesimpulan dengan benar.
Hasil analisis data di atas menunjukkan peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dengan pemanfaatan alat-alat laboratorium fisika pada materi pokok gerak getaran. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari persentase keberhasilan tiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai informasi dan masukan guru/dosen dalam melakukan praktikum di laboratorium, untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Laboratorium Fisika; Media Pembelajaran; Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 10 Jun 2014 03:53 |
Last Modified: | 10 Jun 2014 03:53 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2176 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year