Pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dan minat belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa kelas X di MAN 1 Blora

Achmadi, M. Nur (2011) Pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dan minat belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa kelas X di MAN 1 Blora. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63711019_Coverdll.pdf]
Preview
Text
63711019_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (808kB) | Preview
[thumbnail of 63711019_Bab1.pdf]
Preview
Text
63711019_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 63711019_Bab2.pdf]
Preview
Text
63711019_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 63711019_Bab3.pdf]
Preview
Text
63711019_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 63711019_Bab4.pdf]
Preview
Text
63711019_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 63711019_Bab5.pdf]
Preview
Text
63711019_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 63711019_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63711019_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia (X1) terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa kelas X di MAN 1 Blora (Y); 2) Pengaruh minat belajar kimia siswa (X2) terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa kelas X di MAN 1 Blora (Y); 3) Seberapa besar persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia (X1) dan minat belajar kimia siswa (X2) secara bersama – sama mempengaruhi prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa (Y) kelas X di MAN 1 Blora.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survai korelasional dengan teknik analisis regresi ganda. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, yaitu pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan stratayang aada dalam populasi itu. Sampel dalam penelitain ini diambil 20% - 25% dari jumlah populasi yaitu 247 peserta didik, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk menjaring data X1 dan X2 sedangkan untuk data Y menggunakan tes soal. Instrumen angket dan soal sebelum digunakan untuk mendapat data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas, reliabitas.
Data penelitian terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskripsif. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif antara persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dengan prestasi belajar kimia pada materi struktur atom, ditunjukkan oleh koefisien korelasi 0,787 pada taraf signifikan dan koefisien korelasi parsial 0,284. Hal ini menunjukkan bahwa 28,4% variasi skor hasil persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dengan prestasi belajar kimia pada materi struktur atom. (2) ada pengaruh positif antara minat belajar kimia dengan prestasi belajar kimia pada materi struktur atom, ditunjukkan oleh koefisien korelasi pada taraf signifikan dan koefisien korelasi parsial 0,088. Hal ini menunjukkan bahwa 8,8% variasi skor hasil minat belajar kimia dengan prestasi belajar kimia pada materi struktur atom. (3) ada pengaruh positif antara persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dan minat belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom, ditunjukkan oleh koefisien korelasi pada taraf signifikan dan koefisien korelasi ganda . Hal ini menunjukkan bahwa 62,3% variasi skor hasil persepsi siswa tentang cara mengajar guru kimia dan minat belajar kimia terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom melalui fungsi taksiran . Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para sivitas akademika

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Metode Pengajaran; Minat Belajar; Kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 12 Jun 2014 01:01
Last Modified: 12 Jun 2014 01:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2184

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics