Pembelajaran problem solving sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pokok unsur, senyawa dan campuran pada siswa kelas VII di SMP NU 09 Rowosari tahun ajaran 2010/2011

Shoimah, Afiatush (2011) Pembelajaran problem solving sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pokok unsur, senyawa dan campuran pada siswa kelas VII di SMP NU 09 Rowosari tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63711020_Coverdll.pdf]
Preview
Text
63711020_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 63711020_Bab1.pdf]
Preview
Text
63711020_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of 63711020_Bab2.pdf]
Preview
Text
63711020_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 63711020_Bab3.pdf]
Preview
Text
63711020_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 63711020_Bab4.pdf]
Preview
Text
63711020_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 63711020_Bab5.pdf]
Preview
Text
63711020_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 63711020_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63711020_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pokok unsur, senyawa dan campuran pada siswa kelas VII SMP NU 09 Rowosari Tahun Ajaran 2010/2011.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas VII SMP NU 09 Rowosari. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP NU 09 Rowosari pada semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 35 peserta didik. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap dari setiap siklusnya, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individu maupun klasikal.
Adapun teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan metode interview, tes, dan dokumentasi. Data hasil pengamatan tes atau nilai evaluasi diolah dengan deskriptif analitis untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus.
Dari hasil observasi di kelas VII dapat diketahui bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran IPA khususnya kimia belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah, artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum maksimal.
Pada kondisi awal sebelum diterapkan pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving hasil belajar peserta didik yaitu 53,25 dengan ketuntasan belajar 47,50%. Setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving hasil belajar peserta didik meningkat. Pada siklus I, prosentase rata-rata hasil belajar peserta didik 66,08 dan ketuntasan belajar 65,71%. Pada siklus II, prosentase rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 72,31 dengan ketuntasan belajar 85,71%. Dari data tersebut, jelas bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik dari sebelum diterapkannya pembelajaran menggunakan metode problem solving dengan setelah metode tersebut diterapkan.

Berdasarkan hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulkan penerapan metode problem solving dapat meningkatkan aktivitas kinerja ilmiah dan hasil belajar peserta didik sehingga ketuntasan belajar dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Problem Solving; Hasil Belajar; Kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 12 Jun 2014 01:03
Last Modified: 12 Jun 2014 01:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2185

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics