Penerapan metode team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pokok stoikiometri pada siswa kelas X di SMK NU 4 Patebon kabupaten Kendal
Devi, Ratika Pravita (2011) Penerapan metode team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pokok stoikiometri pada siswa kelas X di SMK NU 4 Patebon kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63711023_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
63711023_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (42kB) | Preview
63711023_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (429kB) | Preview
63711023_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (52kB) | Preview
63711023_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (60kB) | Preview
63711023_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (23kB) | Preview
63711023_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (19kB) | Preview
Abstract
Penerapan metode Team Assisted Individualization (TAI) merupakan salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Karena kesulitan pemahaman materi yang dialami dapat dipecahkan bersama dengan ketua kelompok yang mempunyai pengetahuan yang lebih. Pengajaran TAI menitikberatkan pada kemampuan interaksi sosial yang baik antara semua komponen pengajaran sehingga siswa lebih mudah memahami pelajaran kimia materi pokok stoikiometri.
Hasil observasi secara langsung di kelas X A, diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan pada materi pokok stoikiometri, dikarenakan metode yang digunakan oleh guru cenderung terjadi komunikasi satu arah, sehingga materi pokok stoikiometri belum mencapai KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X dengan diterapkan metode Team Assisted Individualization Materi Pokok Stoikiometri Pada Siswa Kelas X di SMK NU 4 Patebon Kabupaten Kendal.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas yaitu kelas X otomotif 1 sebagai subjek penelitian untuk menerapkan metode Team Assisted Individualization (TAI) yang jumlahnya 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil belajar dikatakan tuntas apabila kelas tersebut mencapai ketuntasan individual mencapai 60 dan ketuntasan klasikal tercapai apabila 85% dari seluruh siswa dalam satu kelas memperoleh nilai ≥ 60. Rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 61,67, pada pra siklus sebesar 52,89 dan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 77,78%, pada pra siklus sebesar 39,29%. Dilihat dari indikator keberhasilan, siklus I belum berhasil dan perlu perbaikan pada siklus II. Pada siklus II mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 79,25 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 96,29 %. Menurut hasil belajar pada siklus II penelitian ini sudah berhasil.
Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Team Assisted Individualization (TAI) pada materi pokok stoikiometri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Team Assisted Individualization (TAI); Kimia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 12 Jun 2014 01:04 |
Last Modified: | 12 Jun 2014 01:04 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2186 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year