Studi komparasi motivasi belajar biologi antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tinggal di rumah pada siswa MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara tahun ajaran 2010/2011
Khomsin, Ali (2011) Studi komparasi motivasi belajar biologi antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tinggal di rumah pada siswa MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63811011_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
63811011_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (22kB) | Preview
63811011_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (126kB) | Preview
63811011_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (41kB) | Preview
63811011_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (68kB) | Preview
63811011_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (11kB) | Preview
63811011_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara motivasi belajar biologi siswa yang bertempat tinggal di pondok pesantren dengan yang bertempat tinggal di rumah pada siswa MA Matholi’ul Huda Kedung Jepara Tahun Ajaran 2010/2011.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fiel reseach) yang bersifat deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen kuesioner atau angket. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X serta kelas XI IPA1, XI IPA2, XII IPA1 dan XII IPA2 MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara Tahun Ajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling.
Kategori variabel X1 atau Motivasi belajar biologi siswa yang bertempat tinggal di pondok pesantren pada siswa MA Matholi’ul Huda Bugel Jepara tahun ajaran 2010/2011 mempunyai nilai rata-rata sebesar 71,68 dengan kategori cukup yang terletak pada interval 70 – 74. Sedangkan variabel X2 atau Motivasi belajar biologi siswa yang bertempat tinggal di rumah pada siswa MA Matholi’ul Huda Bugel Jepara tahun ajaran 2010/2011 mempunyai nilai rata-rata sebesar 71,45 dengan kategori kurang yang terletak pada interval 68 – 74.
Hasil analisis uji hipotesis diketahui bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara variabel X1 dengan variabel X2. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung = 0.00060646 hasil tersebut kemudian diinterpretasikan dengan ttabel dimana derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 2,000 dan 1% sebesar 2,660. Karena thitung < ttabel, berarti Ho diterima. Maka, hipotesis menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan atau kesenjangan yang signifikan antara variabel X1 dengan variabel X2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar; Biologi; Pondok Pesantren |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 12 Jun 2014 01:10 |
Last Modified: | 22 May 2021 07:17 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2191 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year