Klasifikasi gelombang otak pada remaja saat diberikan stimulus murottal Al-Quran dan musik klasik menggunakan metode random forest

Septiani, Fahira (2022) Klasifikasi gelombang otak pada remaja saat diberikan stimulus murottal Al-Quran dan musik klasik menggunakan metode random forest. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908026022_Fahira_Septiani] Text (Skripsi_1908026022_Fahira_Septiani)
Skripsi_1908026022_Fahira_Septiani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan kognitif remaja Indonesia dalam membaca, matematika, dan sains lebih rendah dibanding tiga tahun sebelumnya. Stimulus murottal Al-Quran dan musik klasik merupakan salah satu stimulus yang dapat memberikan efek positif terhadap penurunan kecemasan dan peningkatan kemampuan kognitif pada remaja. Penelitian ini bertujuan mencari ciri dan mengklasifikasikan aktivitas otak pada remaja yang terkait dengan stimulus audio yaitu murottal Al-Quran dan musik klasik. Proses pengolahan raw data menggunakan python pada laman colab gelombang di filter menggunakan ICA dan band pass filter, diekstraksi menggunakan PSD Welch, dilabeli, dan diklasifikasikan dengan metode Random forest menggunakan Weka. Hasil penelitian bahwa klasifikasi didapatkan dengan nilai terbaik yang sering muncul (modus) dari hasil prediksi setiap sampel desission tree berdasarkan ciri bahwa saat sampel diberikan stimulus mendengarkan murottal Al-Quran maka aktivitas gelombang delta dan theta lebih besar besar dibandingkan stimulus musik klasik dan saat diberikan stimulus mendengarkan musik klasik maka aktivitas gelombang alpha dan beta lebih besar dibandingkan ketika stimulus murottal Al-Quran. Akurasi menggunakan Random forest dalam klasifikasi gelombang otak remaja saat diperdengarkan murottal dan musik klasik sebesar 65.38%, presisi 61,53%, dan recall 69,23%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gelombang otak; Remaja; Murottal; Musik Klasik; Random Forest; Python
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 534 Sound and related vibrations
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 45201 - Fisika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Oct 2023 03:59
Last Modified: 25 Oct 2023 03:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21937

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics