Model strategi implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 16 Semarang

Fadilah, Ami (2023) Model strategi implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 16 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016090_AMI_FADILAH] Text (SKRIPSI_1903016090_AMI_FADILAH)
1903016090-AMI FADILAH-Tugas Akhir Skripsi - Ami Fadilah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Pada pembelajaran kurikulum meredeka di sekolah penggerak lebih berfokus pada projek penguatan profil pelajar pancasila. Pendidik harus menyiapkan beberapa strategi yang bisa menunjang dalam penerapan Kurikulum Merdeka dan menyiapkan rancangan pembelajaran yang sesuai.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimanakah model strategi implementasi kurikum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 16 Semarang? 2) Apa problematika dalam implementasi kurikum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 16 Semarang? .
SMP Negeri 16 Semarang merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang sudah menjadi sekolah penggerak dan sudah menerapkan kurikulum merdeka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model dan strategi yang digunakan dalam implementasi kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Implementasi di SMP Negeri 16 Semarang dan juga untuk mengetahui kendala dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah penggerak pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 16 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptf dengan jenis lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang di perlukan pada penelitian ini meliputi hasil observasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, ATP, Modul Ajar, dan hasil wawancara sebagai data pendukung. Hasil data yang didapatkan berdasarkan teknik pengumupulan data berupa hasil obeservasi, wawancara serta dokumentasi. Kemudian di analisis dalam bentuk uraian desktriptif.
Dari hasil penelitian di peroleh yaitu bahwa 1) Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah penggerak pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 16 Semarang yaitu dengan mempersiapkan Modul Ajar, ATP (alur tujuan pembelajaran), penilaian atau asesmen dan menentukan media dan alat bahan sesuai dengan materi. Dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan saitifik, menggunakan strategi pembelajaran interaktif, menggunakan pendekatan langsung dan menggunakan media alat bahan seperti papan tulis, buku, hp, leptop, video, LCD dan alat bantu sesuai dengan materi pembelajaran. Pada asesmen atau penilaian menggunakan asesmen diagnostic, asesmen formatif, dan asemen sumatif. 2). Kendala dalam ipmelementasi Kurikulum Merdeka yaitu kurangnya sosialisasi Kurikulum Merdeka dari pemerintah dan juga kurangnya kesadaran siswa dalam kegiatan peojek untuk mencapai tujuan profil pelajar Pancasila
Hasil penelitian memberikan saran bahwa penerapan kurikulum merdeka masih banyak yang harus di perbaiki terutama sosialisasi pemerintah pada pendidik tentang impelementasi kurikulum merdeka dan juga pentingnya keterlibatan guru pada kurikulum merdeka agar mencapai tercapainya tujuan profil pelajar Pancasila

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model; Kurikulum Merdeka; pembelajaran Pendidikan Agama Islam,
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:20
Last Modified: 26 Oct 2023 08:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21958

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics