Problematika gejala anemia (kekurangan sel darah merah) dalam aktivitas belajar biologi siswa kelas XI MA Nuril Huda Grobogan
Mu’lina, Ulya (2011) Problematika gejala anemia (kekurangan sel darah merah) dalam aktivitas belajar biologi siswa kelas XI MA Nuril Huda Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63811015_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
63811015_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (53kB) | Preview
63811015_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (132kB) | Preview
63811015_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (33kB) | Preview
63811015_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (131kB) | Preview
63811015_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (18kB) | Preview
63811015_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang problematika gejala anemia (kekurangan sel darah merah) dalam aktivitas belajar biologi. Kajiannya dilatarbelakangi oleh masalah kesehatan dan kurang kesiapan dalam mengikuti pelajaran. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana tingkat gejala anemia pada siswa kelas XI MA Nuril Huda Grobogan? (2) Bagaimana aktivitas belajar biologi siswa yang mengalami gejala anemia pada siswa kelas XI MA Nuril Huda Grobogan? Permasalahan tersebut dibahas melalui metode penelitian field research (penelitian lapangan) dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif dengan cara berfikir induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat gejala anemia pada siswa kelas XI MA Nuril Huda Grobogan masih dalam kategori gejala yang ringan, karena masing-masing responden menyampaikan keluhan yang sama dengan responden lainnya. Gejala yang sering mereka alami yaitu; mudah lelah dan lesu, mata berkunang-kunang ketika bangkit dari duduk, sakit kepala dan telinga mendenging. Berdasarkan pemeriksaan fisik, 15 dari 20 siswa mempunyai konjungtiva yang pucat, bantalan kuku yang pucat serta circulation refill yang lambat, yang semua itu merupakan indikasi adanya gejala anemia. (2) Aktivitas belajar biologi siswa yang mengalami gejala anemia pada siswa kelas XI MA Nuril Huda Grobogan meliputi aktivitas mendengarkan dengan prosentase 63%, aktivitas mencatat dengan prosentase 67%, aktivitas tanya jawab dengan prosentase 52%, dan aktivitas percobaan atau praktikum dengan prosentase 67%.
Dengan demikian gejala anemia menjadi masalah yang bersifat sementara dan tidak dalam jangka waktu yang panjang. Gejala anemia tidak sepenuhnya menghambat aktivitas belajar biologi siswa di kelas XI MA Nuril Huda Grobogan.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan, informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak, terutama dalam memberi pertolongan dan motivasi kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan kualitas penelitian pada masa mendatang
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gejala Anemia; Sel Darah Merah; Belajar Biologi |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 13 Jun 2014 08:35 |
Last Modified: | 22 May 2021 07:34 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2196 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year