Strategi dan peran guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter profil pelajar pancasila di SDN 2 Danyang Purwodadi

Rohmah, Siti Naila Alfiatur (2023) Strategi dan peran guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter profil pelajar pancasila di SDN 2 Danyang Purwodadi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016160_SITI_NAILA_ALFIATUR_ROHMAH] Text (SKRIPSI_1903016160_SITI_NAILA_ALFIATUR_ROHMAH)
1903016160_SITI NAILA ALFIATUR ROHMAH_Lengkap Tugas Akhir - Siti Naila Alfiatur Rohmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini menjelaskan tentang strategi dan peran guru pendidikan Islam dalam membentuk karakter profil pelajar Pancasila di SDN 2 Danyang Purwodadi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter profil pelajar Pancasila di SDN 2 Danyang Purwodadi. (2) peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter profil pelajar Pancasila di SDN 2 Danyang Purwodadi.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara langsung ke obyek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi, yaitu pendekatan dengan cara peneliti berusaha memahami makna sesuatu berdasarkan pengalaman dan pengertian sehari-hari.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti mengumpulkan data dengan mengamati objek penelitian secara langsung dan melakukan wawancara kepada pihak-pihak yang bersangkutan dengan masalah yang diteliti. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan lalu verifikasi. Selanjutnya, dilakukan pengecekan keabsahan data dengan melakukan dua cara, yaitu: triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Dari hasil penelitian menunjukkan : (1) strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter profil pelajar Pancasila di SDN 2 Danyang Purwodadi, yaitu: a. Kokulikuler Sekolah. Seperti guru pai membiasakan melantunkan do’a dan asmaul husna, guru PAI menyelenggarakan praktik sholat dhuha pada hari jum’at di masjid, guru PAI membiasakan siswa bersikap 3s, pemberian tugas secara kelompok. Pemberian tugas secara individu (2) peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter profil pelajar Pancasila di SDN 2 Danyang Purwodadi, yaitu: a. guru sebagai pengajar, b. guru sebagai pembimbing, c. guru sebagai pemimpin, d. guru sebagai ilmuan, e. guru sebagai pribadi, f. guru sebagai fasilitator.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; peran; guru PAI; profil pelajar Pancasila
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 30 Oct 2023 01:08
Last Modified: 30 Oct 2023 01:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22028

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics