Penerapan media digital marketing POEM (Paid, Owned, dan Earned Media) dalam meningkatkan brand image : studi kasus brand fashion Ikatiket

Fatika, Siska Teranisa (2023) Penerapan media digital marketing POEM (Paid, Owned, dan Earned Media) dalam meningkatkan brand image : studi kasus brand fashion Ikatiket. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1905056065_SISKA_TERANISA_FATIKA] Text (SKRIPSI_1905056065_SISKA_TERANISA_FATIKA)
1905056065_SISKA TERANISA FATIKA_Full Skripsi - Siska Teranisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Ikatiket merupakan brand fashion lokal yang menerapkan media digital marketing sebagai media pemasarannya. Melalui penerapan media digital berupa POEM (Paid, Owned, dan Earned Media) Ikatiket menjalin komunikasi dengan konsumen untuk menciptakan brand image yang baik. Akan tetapi, menurut pra- riset yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa brand image yang dimiliki Ikatiket masih kurang baik di mata konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media digital marketing POEM (Paid, Owned, dan Earned Media) dan dampaknya dalam meningkatkan brand image Ikatiket. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Data–data pada penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media digital marketing POEM (Paid, Owned, dan Earned Media) dalam meningkatkan brand image telah berhasil diterapkan oleh Ikatiket, dapat dilihat dari penerapan Paid media berupa Instagram Ads dan Paid Endorsement, Owned media berupa media sosial Instagram dan TikTok, serta Earned media berupa like, komentar, mention, dan liputan media. Sedangkan upaya untuk meningkatkan brand image melalui penerapan media digital marketing POEM antara lain dengan menetapkan visi dan misi, menetapkan target konsumen, menetapkan desain produk dan kualitas, menetapkan strategi pemasaran, dan membangun pelayan yang baik. Adapun dampak dari penerapan tersebut yaitu meningkatnya jumlah followers Ikatiket pada media sosial Instagram dan TikTok, dan meningkatnya hasil penjualan pada tahun 2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing; POEM (Paid, Owned, dan Earned Media); Brand Image
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2023 08:26
Last Modified: 18 Dec 2023 08:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22066

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics