Pengaruh kepercayaan, kemudahan penggunaan, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada fitur Tiktok Shop : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2019-2021
Novitasari, Risa (2023) Pengaruh kepercayaan, kemudahan penggunaan, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada fitur Tiktok Shop : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2019-2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1905056055_Risa_Novitasari_Full Skripsi - Risa Novitasari 055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Melalui fenomena social commerce, peluang serta keunggulan yang dimiliki TikTok seharusnya platform TikTok dapat menarik daya tarik konsumen untuk melakukan keputusan pembelian pada fitur TikTok Shop, namun berdasarkan hasil pra riset yang dilakukan pada 30 responden menyatakan bahwa presentase yang sering menggunakan fitur TikTok Shop untuk melakukan keputusan pembelian hanya 3,3%. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kepercayaan, kemudahan penggunaan dan promosi terhadap keputusan pembelian pada fitur TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2019- 2021 yang pernah melakukan keputusan pembelian pada fitur TikTok Shop. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan secara parsial (uji t) pada variabel kepercayaan (X1) diperoleh thitung 7,078 lebih besar dari ttabel 1,984 dan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada fitur TikTok Shop. Kemudian hasil uji t pada variabel kemudahan penggunaan (X2) diperoleh thitung 0,950 lebih kecil dari ttabel 1,984 dan nilai signifikansi 0,375 lebih besar dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemudahan penggunaan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada fitur TikTok Shop. Dan hasil uji t pada variabel promosi (X3) diperoleh thitung 4,033 lebih besar dari ttabel 1,984 dan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada fitur TikTok Shop
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan; Kemudahan Penggunaan; Promosi; Keputusan Pembelian |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen |
Depositing User: | Wati Rimayanti |
Date Deposited: | 06 Jan 2024 05:34 |
Last Modified: | 06 Jan 2024 05:34 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22070 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year