Studi korelasi antara pemahaman ilmu tajwid dengan kemampuan membaca al-qur’an siswa kelas XI MAN 1 Semarang tahun pelajaran 2010/2011.
Sofiatun, Sofiatun (2011) Studi korelasi antara pemahaman ilmu tajwid dengan kemampuan membaca al-qur’an siswa kelas XI MAN 1 Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
073111005_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (709kB) | Preview
073111005_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (46kB) | Preview
073111005_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (210kB) | Preview
073111005_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (53kB) | Preview
073111005_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (63kB) | Preview
073111005_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
073111005_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (18kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat pemahaman ilmu tajwid siswa kelas XI MAN 1 Semarang. 2) tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI MAN 1 Semarang. 3) hubungan antara pemahaman ilmu tajwid dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI MAN Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena responden yang berjumlah 40 siswa diambil dari 10% jumlah populasinya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes tertulis untuk memperoleh data variabel X yaitu pemahaman ilmu tajwid dan menggunakan metode tes lisan untuk memperoleh data variabel Y yaitu kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI MAN 1 Semarang.
Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik inferensial, pengujian hipotesis penelitian mnggunakan analisis korelasional Product Moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa:
1. Tingkat pemahaman ilmu tajwid siswa kelas XI MAN 1 Semarang tahun pelajaran 2010/2011 dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 72,7 yaitu terdapat antara interval 70-80.
2. Tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI MAN 1 Semarang tahun pelajaran 2010/2011 dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 72,47 yaitu terdapat antara interval 70-80.
3. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemahaman ilmu tajwid dengan kemampuan membaca Al-Qur’an. Berdasarkan pada analisis kuantitatif dari hasil penelitian menunjukan bahwa dilihat nilai r obsrevasi adalah 0,342 berada di atas r product moment batas penolakan 5% sebesar 0,312, dengan kata lain 0,342 > 0,312. Dengan demikian hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima.
Berdasarkan hasil penelitian diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan progam studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ilmu Tajwid; Membaca al-Qur’an |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 18 Jun 2014 02:49 |
Last Modified: | 18 Jun 2014 02:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2210 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year