Model pemberian reinforcement dalam pembelajaran aspek pengembangan moral keagamaan (studi pada pendidikan prasekolah di TK Bintang Kecil Ngaliyan Semarang).
Indiana, Deni (2011) Model pemberian reinforcement dalam pembelajaran aspek pengembangan moral keagamaan (studi pada pendidikan prasekolah di TK Bintang Kecil Ngaliyan Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
073111041_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (990kB) | Preview
073111041_bab2.pdf - Accepted Version
Download (146kB) | Preview
073111041_bab1.pdf - Accepted Version
Download (66kB) | Preview
073111041_bab3.pdf - Accepted Version
Download (21kB) | Preview
073111041_bab4.pdf - Accepted Version
Download (89kB) | Preview
073111041_bab5.pdf - Accepted Version
Download (11kB) | Preview
073111041_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (13kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang model pemberian reinforcement dalam pembelajaran aspek pengembangan moral keagamaan pada pendidikan prasekolah. Kajiannya dilatarbelakangi oleh maraknya tindakan kurang tepat yang dilakukan oleh sebagian pendidik dalam memperlakukan anak didiknya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana model pemberian reinforcement dalam pembelajaran aspek pengembangan moral keagamaan pada pendidikan prasekolah di TK Bintang Kecil Ngaliyan Semarang? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di TK Bintang Kecil Ngaliyan Semarang. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran pemberian penguatan yang dilakukan oleh pendidik dalam pembelajaran moral keagamaan pada anak prasekolah yang dilakukan melalui berbagai kegiatan. Datanya diperoleh melalui wawancara bebas, observasi dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan analisis deskriptif menggunakan logika induksi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam pembelajaran aspek pengembangan moral keagamaan tersebut, ada beberapa model pemberian penguatan (reinforcement) yang dilakukan oleh pendidik/ guru di TK Bintang Kecil untuk mendidik, membimbing dan mengarahkan anak didiknya antara lain yaitu: (a) penggunaan positive reinforcement (penguatan positif), terjadi bila sebuah stimulus (positif) diberikan menyusul pada perilaku tertentu. Stimulus ini termasuk memberi pujian (reward). (b) Penggunaan negative reinforcement (penguatan negatif), terjadi bila sebuah stimulus aversif (tidak menyenangkan) dihilangkan atau dihindarkan yaitu termasuk punishment (hukuman). (2) Penggunaan penguatan dilakukan dalam bentuk verbal (kata-kata pujian) maupun nonverbal (gerak isyarat, mendekati, sentuhan (contack), atau dengan simbol). (3) Pembelajaran aspek pengembangan moral keagamaan di TK Bintang Kecil Ngaliyan Semarang dilakukan melalui seluruh kegiatan yang ada di TK Bintang Kecil, antara lain melalui: pembelajaran agama di kelas, menyanyikan lagu, cerita, rekreasi dan lain sebagainya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan kan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para pendidik, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan khususnya bagi guru di lingkungan sekolah, serta kepala sekolah sehingga dapat dijadikan bahan untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Moral Keagamaan; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 18 Jun 2014 03:10 |
Last Modified: | 18 Jun 2014 03:10 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2212 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year