Penerapan strategi pembelajaran quantum playing untuk meningkatkan kreatifitas anak di RA Darul Ma’arif Pringapus kab. Semarang tahun ajaran 2010/2011
Susanti, Irna (2011) Penerapan strategi pembelajaran quantum playing untuk meningkatkan kreatifitas anak di RA Darul Ma’arif Pringapus kab. Semarang tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
073111079_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
073111079_bab1.pdf - Accepted Version
Download (53kB) | Preview
073111079_bab2.pdf - Accepted Version
Download (120kB) | Preview
073111079_bab3.pdf - Accepted Version
Download (23kB) | Preview
073111079_bab4.pdf - Accepted Version
Download (90kB) | Preview
073111079_bab5.pdf - Accepted Version
Download (11kB) | Preview
073111079_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (9kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas Penerapan Strategi pembelajaran Quantum Playing Untuk Meningkatkan Kreatifitas Anak. Kajiannya dilatarbelakangi oleh penerapan Strategi pembelajaran Quantum Playing sebagai salah satu metode pembelajaran di RA Darul Ma’arif yang pada umumnya hanya dipandang sebagai sebuah permainan tanpa adanya sisipan keilmuan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Uraian latar belakang masalah tersebut dapat penulis rumuskan beberapa masalah sebagai beriku: 1)Bagaimana penerapan strategi pembelajaran quantum playing di Roudhotul Athfal Darul Maarif Pringapus Kab. Semarang? 2)Bagaimana kreatifitas peserta didik di Roudhotul Athfal Darul Maarif Pringapus Kab. Semarang?Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di Roudhotul Athfal Darul Maarif Pringapus Kab. Semarang. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan strategi pembelajaran quantum playing. Datanya diperoleh melalui wawancara bebas, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan sosiologis dan analisis deskriptif menggunakan logika induksi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi quantum playing di RA Darul Ma’arif Pringapus Kab. Semarang (2)kreatifitas peserta didik di Roudhotul Athfal Darul Maarif Pringapus Kab. Semarang tahun pelajaran 2010/2011 terdapat macam-macam permainan yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Hasil dari penerapan strategi pembelajaran quantum playing terhadap proses pembelajaran adalah anak-anak lebih aktif dalam belajar, anak-anak mudah menyerap materi-materi pengembangan. Penilaian hasil belajar dilakukan dengan melihat sikap, proses dan hasil karya anak. Berdasarkan data nilai harian yang ditemukan peneliti dan juga keterangan dari sejumlah guru RA Darul Ma’arif Pringapus Kab. Semarang, RA Darul Ma’arif Pringapus Kab. Semarang tergolong sangat kreatif atau berkembang sesuai yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran; Quantum Playing; Kreativitas Anak |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 18 Jun 2014 09:46 |
Last Modified: | 18 Jun 2014 09:46 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2218 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year