Aplikasi metode beyond centers and circles time (BCCT) dalam pembelajaran materi imtak di playgroup Masyithoh Kaliwungu Kendal
Susanti, Dwi (2011) Aplikasi metode beyond centers and circles time (BCCT) dalam pembelajaran materi imtak di playgroup Masyithoh Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
073111096_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
073111096_bab1.pdf - Accepted Version
Download (70kB) | Preview
073111096_bab2.pdf - Accepted Version
Download (185kB) | Preview
073111096_bab3.pdf - Accepted Version
Download (66kB) | Preview
073111096_bab4.pdf - Accepted Version
Download (38kB) | Preview
073111096_bab5.pdf - Accepted Version
Download (21kB) | Preview
073111096_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (20kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan Metode Beyond Centers And Circles Time (BCCT) Dalam Pembelajaran Materi Imtak Di Playgroup Masyithoh Kaliwungu Kendal (2) Bagaimana proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik di Playgroup Masyithoh Kaliwungu Kendal
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan field research atau penelitian lapangan dengan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Peneliti langsung terjun ke lapangan, tempat penelitian melihat keadaan disana kemudian memperoleh berbagai informasi dan data-data yang dibutuhkan. Kemudian data-data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan deduktif dan induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Beyond Centers And Circles Time (BCCT) Dalam Pembelajaran Materi Imtak Di Playgroup Masyithoh Kaliwungu Kendal telah direalisasikan dengan baik dalam bentuk pembelajaran di sentra Imtak (agama) yang diintegrasikan ke sentra lainnya. Proses pembelajaran dengan menggunakan empat pijakan yaitu pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan saat main dan pijakan setelah main. Yang mana dalam kegiatan bermain harus mencakup tiga jenis main yaitu main sensorimotor, main peran, dan main pembangunan. Prestasi hasil belajar peserta didik di Playgroup Masyithoh terbilang baik, hal ini bisa dilihat dari kemampuan anak menerapkan materi Imtak yang diajarkan seperti: tahfidz surat-surat pendek, hafalan hadist kebersihan, doa sehari-hari, aqidah, akhlak, dan praktek ibadah. Materi imtak tersebut dilakukan setiap hari oleh anak dengan menggunakan metode bermain, bercerita, bernyanyi, keteladanan, pembiasaan dan demonstrasi. Materi Imtak tersebut diajarkan secara langsung dengan menghadirkan dunia nyata pada anak, sehingga anak tidak sekedar mendengarkan materi yang disampaikan tetapi anak juga mengalaminya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para pendidik dan pengasuh anak usia dini, para peneliti serta semua pihak yang membutuhkan di lingkungan IAIN Walisongo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Playgroup; Beyond Centers and Circles Time (BCCT) |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 19 Jun 2014 03:05 |
Last Modified: | 19 Jun 2014 03:05 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2220 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year