Meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning melalui metode sorogan semester gasal di pondok pesantren Nurul Huda Simbangkulon Buaran Pekalongan tahun pelajaran 2010/2011
Mahrus, Mahrus (2011) Meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning melalui metode sorogan semester gasal di pondok pesantren Nurul Huda Simbangkulon Buaran Pekalongan tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
073111164_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (573kB) | Preview
073111164_bab1.pdf - Accepted Version
Download (88kB) | Preview
073111164_bab2.pdf - Accepted Version
Download (94kB) | Preview
073111164_bab3.pdf - Accepted Version
Download (47kB) | Preview
073111164_bab4.pdf - Accepted Version
Download (37kB) | Preview
073111164_bab5.pdf - Accepted Version
Download (7kB) | Preview
073111164_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (9kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menerapkan model pembelajaran model sorogan dalam pembelajaran Kitab Kuning materi pokok membaca bab kalam. (2) meningkatkan prestasi kemampuan membaca serta memahami isi kandungan bab kalam meliputi kalimah yang menyusun kalami dan identifikasi kalimah isim pada santri Pondok Pesantren Nurul Huda Simbangkulon Buaran Pekalongan .
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan kegiatan yaitu: (1) Perencanaan (planneng), (2) Pelaksanaan (acting), (3) Pengamatan (observing) dan (4) Refleksi (reflecting). Penelitian Tindakan Kelas ini dipilih sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar santri pondok pesantren Nurul Huda Simbangkulon Buaran Pekalongan materi pokok membaca serta memahami isi kandungan bab kalam dan kalimah yang menyusun kalam dengan penerapan model pembelajaran sorogan.
Sebagai indikator meningkatnya hasil belajar santri dalam materi pokok membaca serta memahami isi kandungan bab kalam dan kalimah yang menyusun kalimah adalah meningkatnya hasil belajar peserta didik yang tuntas belajarnya dari KKM yang ditetapkan 70, 80% dari jumlah peserta yang tuntas belajar. Data yang didapatkan adalah data kualitatif yang terdiri dari hasil observasi terhadap hasil belajar peserta didik melalui tes.
Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran Sorogan dapat meningkatkan hasil belajar santri pondok pesantren Nurul Huda Simbangkulon Buaran Pekalongan materi pokok membaca serta memahami isi kandungan bab kalam meliputi kalimah yang menyusun kalam dan identifikasi kalimah isim dengan penerapan model pembelajaran sorogan. terbukti dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik saat menjawab soal tes pada setiap siklusnya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pendidik, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kitab Kuning; Metode Pembelajaran; Pondok Pesantren |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 20 Jun 2014 08:06 |
Last Modified: | 20 Jun 2014 08:06 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2228 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year