Penggunaan Media Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran PKn Materi Hak Asasi Manusia Siswa Kelas VI MI Negeri Gubug Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013
Jannah, Rodhatul (2013) Penggunaan Media Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran PKn Materi Hak Asasi Manusia Siswa Kelas VI MI Negeri Gubug Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
09391119_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (507kB) | Preview
09391119_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (23kB) | Preview
09391119_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (90kB) | Preview
09391119_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (63kB) | Preview
09391119_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (46kB) | Preview
09391119_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
09391119_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
09391119_Lampiran.pdf - Accepted Version
Download (81kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini mengkaji bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar materi pokok hak asasi manusia pada kelas VI MI Negeri Gubug tahun pelajaran 2012/2013. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian yaitu keterbatasan penggunaan media pembelajaran dan minimnya rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas VI MI Negeri Gubug. Untuk itu perlu menguji apakah dengan memakai media pembelajaran sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti menguji dengan menggunakan media pembelajaran sederhana berupa gambar, foto dan kliping dari surat khabar. Tujuan dan fungsi dari penggunaan media ini adalah untuk membantu para siswa dalam memahami sebuah konsep pembelajaran dan mengaktifkan setiap individu sekaligus kelompok dalam belajar. Dengan demikian dimungkinkan dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas VI MI Negeri Gubug.
Rumusan masalah yang dimunculkan dalam penelitian yaitu, “Apakah penggunaan media sederhana dapat meningkatkan hasil pembelajaran PKn materi Hak Asasi Manusia siswa kelas VI MI Negeri Gubug, Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013?” Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Metode pengumpulan data memakai teknik dokumentasi, observasi, tes dan wawancara.
Penelitian menunjukkan adanya peningkatan bahwa setelah diterapkannya media sederhana dalam pembelajaran PKn materi hak asasi manusia. Perubahan yang terjadi yaitu meningkatnya hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 61,85, pada siklus I didapatkan nilai rata-rata kelas mencapai 74,50, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,85.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaran materi hak asasi manusia pada kelas VI MI Negeri Gubug Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat ditingkatkan dengan menggunakan media sederhana dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media ; Pelajaran PKn ; Hak Asasi Manusia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Farid Ma'ruf |
Date Deposited: | 22 Nov 2013 02:35 |
Last Modified: | 22 Nov 2013 02:35 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/223 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year