Penggunaan instrumen evaluasi dengan kalimat tanya tingkat tinggi taksonomi Bloom untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran SKI kelas VIII semester satu di MTs YASIN Wates Kedungjati Grobogan tahun pelajaran 2010/2011

Samuli, Samuli (2011) Penggunaan instrumen evaluasi dengan kalimat tanya tingkat tinggi taksonomi Bloom untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran SKI kelas VIII semester satu di MTs YASIN Wates Kedungjati Grobogan tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73111168_coverdll.pdf]
Preview
Text
73111168_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 73111168_bab1.pdf]
Preview
Text
73111168_bab1.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 73111168_bab2.pdf]
Preview
Text
73111168_bab2.pdf - Accepted Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 73111168_bab3.pdf]
Preview
Text
73111168_bab3.pdf - Accepted Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 73111168_bab4.pdf]
Preview
Text
73111168_bab4.pdf - Accepted Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 73111168_bab5.pdf]
Preview
Text
73111168_bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 73111168_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73111168_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Permasahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan instrumen evaluasi pada lembar kerja dengan kalimat tanya tingkat tinggi taksonomi Bloom dalam mata pelajaran SKI kelas VIII semester satu di MTs YASIN Wates Kedungjati Grobogan tahun pelajaran 2010/2011?. 2) Bagaimana Kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah penggunaan instrumen evaluasi pada lembar kerja dengan kalimat tanya tingkat tinggi taksonomi Bloom dalam mata pelajaran SKI kelas VIII semester satu di MTs YASIN Wates Kedungjati Grobogan tahun pelajaran 2010/2011?. 3) Sejauh mana penggunaan instrumen evaluasi pada lembar kerja dengan kalimat tanya tingkat tinggi taksonomi Bloom dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam mata pelajaran SKI kelas VIII semester satu di MTs YASIN Wates Kedungjati Grobogan tahun pelajaran 2010/2011?.
Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui prosedur pengkajian berdaur yang terdiri atas 4 (empat) tahap yaitu: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dilaksanakan selama 2 (dua) siklus pada siswa kelas VIII MTs YASIN Wates pada mata pelajaran SKI tahun pelajaran 2010/2011. Dengan teknik pengumpulan data tes dan pengamatan/observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penggunaan instrumen evaluasi dengan lembar kerja dengan kalimat tanya tingkat tinggi taksonomi Bloom pada mata pelajaran SKI di kelas VIII di MTs YASIN Wates tahun pelajaran 2010/2011 yaitu meliputi; membandingkan, hubungan sebab akibat, memberi alasan, menyimpulkan, mengelompokkan, menerapkan, menganalisis, sisntesis dan evaluasi. Kedua, Kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat dari semula pada tingkatan C1 hafalan dan C2 Pemahaman meningkat pada C3 aplikasi dan C4 analisis dengan menggunakan instrumen evaluasi lembar kerja kalimat tanya tingkat tinggi taksonomi Bloom pada mata pelajaran SKI di kelas VIII di MTs YASIN Wates tahun pelajaran 2010/2011. Ketiga, Penggunaan Instrumen evaluasi pada lembar kerja dengan kalimat tanya tingkat tinggi taksonomi Bloom dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam mata pelajaran SKI kelas VIII Semester satu di MTs YASIN Wates tahun pelajran 2010/2011. Bahwa pada siklus 1 siswa yang memperoleh nilai dibawah 70 sebanyak 17 anak (43%) sedangkan siswa yang sudah mencapai tingkat ketuntasan sebanyak 23 anak (57%) dan secara klasikal masih kurang 42%. Sedangkan pada siklus 2 siswa yang belum mencapai ketuntasan masih 3 anak (8%) dan sebanyak 37 anak (92%) telah mencapai tingkat ketuntasan, hal ini dapat diartikan bahwa berdasarkan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan jika sudah mencaai 85% siswa mencapai ketuntasan maka dapat dikatakan berhasil.
Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi da masukan bagi para mahasiswa, tenaga pendidik, para peneliti khususnya dalam hal penggunaan instrumen evaluasi dengan kaimat tanya tingkat tinggi taksonomi Bloom.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Berpikir Kreatif; Evaluasi Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 20 Jun 2014 08:11
Last Modified: 20 Jun 2014 08:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2230

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics