Penggunaan instrumen evaluasi dengan kalimat tanya tingkat tinggi taksonomi Bloom untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran SKI kelas VIII semester satu di MTs YASIN Wates Kedungjati Grobogan tahun pelajaran 2010/2011
Samuli, Samuli (2011) Penggunaan instrumen evaluasi dengan kalimat tanya tingkat tinggi taksonomi Bloom untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran SKI kelas VIII semester satu di MTs YASIN Wates Kedungjati Grobogan tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111168_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (358kB) | Preview
73111168_bab1.pdf - Accepted Version
Download (29kB) | Preview
73111168_bab2.pdf - Accepted Version
Download (132kB) | Preview
73111168_bab3.pdf - Accepted Version
Download (39kB) | Preview
73111168_bab4.pdf - Accepted Version
Download (112kB) | Preview
73111168_bab5.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
73111168_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Permasahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan instrumen evaluasi pada lembar kerja dengan kalimat tanya tingkat tinggi taksonomi Bloom dalam mata pelajaran SKI kelas VIII semester satu di MTs YASIN Wates Kedungjati Grobogan tahun pelajaran 2010/2011?. 2) Bagaimana Kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah penggunaan instrumen evaluasi pada lembar kerja dengan kalimat tanya tingkat tinggi taksonomi Bloom dalam mata pelajaran SKI kelas VIII semester satu di MTs YASIN Wates Kedungjati Grobogan tahun pelajaran 2010/2011?. 3) Sejauh mana penggunaan instrumen evaluasi pada lembar kerja dengan kalimat tanya tingkat tinggi taksonomi Bloom dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam mata pelajaran SKI kelas VIII semester satu di MTs YASIN Wates Kedungjati Grobogan tahun pelajaran 2010/2011?.
Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui prosedur pengkajian berdaur yang terdiri atas 4 (empat) tahap yaitu: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dilaksanakan selama 2 (dua) siklus pada siswa kelas VIII MTs YASIN Wates pada mata pelajaran SKI tahun pelajaran 2010/2011. Dengan teknik pengumpulan data tes dan pengamatan/observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penggunaan instrumen evaluasi dengan lembar kerja dengan kalimat tanya tingkat tinggi taksonomi Bloom pada mata pelajaran SKI di kelas VIII di MTs YASIN Wates tahun pelajaran 2010/2011 yaitu meliputi; membandingkan, hubungan sebab akibat, memberi alasan, menyimpulkan, mengelompokkan, menerapkan, menganalisis, sisntesis dan evaluasi. Kedua, Kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat dari semula pada tingkatan C1 hafalan dan C2 Pemahaman meningkat pada C3 aplikasi dan C4 analisis dengan menggunakan instrumen evaluasi lembar kerja kalimat tanya tingkat tinggi taksonomi Bloom pada mata pelajaran SKI di kelas VIII di MTs YASIN Wates tahun pelajaran 2010/2011. Ketiga, Penggunaan Instrumen evaluasi pada lembar kerja dengan kalimat tanya tingkat tinggi taksonomi Bloom dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam mata pelajaran SKI kelas VIII Semester satu di MTs YASIN Wates tahun pelajran 2010/2011. Bahwa pada siklus 1 siswa yang memperoleh nilai dibawah 70 sebanyak 17 anak (43%) sedangkan siswa yang sudah mencapai tingkat ketuntasan sebanyak 23 anak (57%) dan secara klasikal masih kurang 42%. Sedangkan pada siklus 2 siswa yang belum mencapai ketuntasan masih 3 anak (8%) dan sebanyak 37 anak (92%) telah mencapai tingkat ketuntasan, hal ini dapat diartikan bahwa berdasarkan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan jika sudah mencaai 85% siswa mencapai ketuntasan maka dapat dikatakan berhasil.
Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi da masukan bagi para mahasiswa, tenaga pendidik, para peneliti khususnya dalam hal penggunaan instrumen evaluasi dengan kaimat tanya tingkat tinggi taksonomi Bloom.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran; Berpikir Kreatif; Evaluasi Pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 20 Jun 2014 08:11 |
Last Modified: | 20 Jun 2014 08:11 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2230 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year