Upaya peningkatan hasil belajar fiqih siswa MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus kelas VIII C dengan card sort tahun pelajaran 2010/2011

Khumaidi, Khumaidi (2011) Upaya peningkatan hasil belajar fiqih siswa MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus kelas VIII C dengan card sort tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 073111185_coverdll.pdf]
Preview
Text
073111185_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 073111185_bab1.pdf]
Preview
Text
073111185_bab1.pdf - Accepted Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 073111185_bab2.pdf]
Preview
Text
073111185_bab2.pdf - Accepted Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 073111185_bab3.pdf]
Preview
Text
073111185_bab3.pdf - Accepted Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 073111185_bab4.pdf]
Preview
Text
073111185_bab4.pdf - Accepted Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 073111185_bab5.pdf]
Preview
Text
073111185_bab5.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 073111185_bibliografi.pdf]
Preview
Text
073111185_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (7kB) | Preview

Abstract

Permasahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran fiqih dengan model pembelajaran Card Sort di kelas VIII C semester Satu di MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2010/2011?. 2. Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran fiqih dengan model Card Sort di kelas VIII C semester satu di MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2010/2011?. 3. Bagaimanakah model pembelajaran dengan Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih kelas VIII C IV semester satu di MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2010/2011 ?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui aktivitas siswa dalam Pembelajaran Fiqih dengan model Pembelajaran Card Sort di kelas VIII C semester Satu di MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2010/2011. 2. Mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran Fiqih dengan model Card Sort di kelas VIII C semester Satu di MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2010/2011. 3. Mengetahui Model pembelajaran dengan Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih kelas VIII C IV semester satu di MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2010/2011.
Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui prosedur pengkajian berdaur yang terdiri atas 4 (empat) tahap yaitu: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dilaksanakan selama 2 (dua) siklus pada siswa kelas VIII C MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus pada mata pelajaran Fiqih tahun pelajaran 2010/2011. Dengan teknik pengumpuan data tes dan pengamatan/observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan metode Card Sort pada mata pelajaran fiqih kelas VIIIC MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus, yaitu guru harus mempersiapkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dengan baik, guru harus lebih meningkatkan motivasi peserta didik, 2. siswa dapat kreatif dalam pembelajaran dengan menggunakan metode Card 3. Hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model Card Sort menunjukkan perbedaaan yang lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar siswa maupun hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Pada siklus 1 dengan jumlah siswa 56 anak, dan KKM (Kriteria ketuntasan minimal) 70 serta tingkat ketuntasan 85% secara klasikal, terdapat 13 anak (23,21%) yang belum tuntas atau ketuntasan baru mencapai 76% sehingga kurang 9%. Namun pada siklus 2 terjadi peningkatan yaitu 100% siswa telah mencapai ketuntasan dengan kriteria siswa dengan nilai 70 – 90 sebanyak 45 anak (80%) dan nilai 90 -100 sebanyak 11 anak (20%). Khususnya dalam hal penggunaan instrumen evaluasi dengan kalimat tanya tingkat tinggi Taksonomi Bloom.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Fiqih; Metode Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Jun 2014 04:30
Last Modified: 23 Jun 2014 04:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2243

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics