Makna jihad dalam novel Jihad Terlarang karya Mataharitimoer

Anifatuz, Zahra (2022) Makna jihad dalam novel Jihad Terlarang karya Mataharitimoer. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501026135_ANIFATUZ_ZAHRA] Text (SKRIPSI_1501026135_ANIFATUZ_ZAHRA)
1501026135_Anifatuz Zahra_Full Skripsi - Anifatuz Zahra.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis makna jihad dalam novel “Jihad Terlarang” karya Mataharitimoer. Novel dengan Judul “Jihad Terlarang” merupakan novel otobiografi karya Mataharitimoer, yaitu nama pena dari Adi Prayitno yang mengangkat kisah hidupnya ketika bergelut di sebuah organisasi Islam pada masa itu.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan sumber data primer berupa novel dengan judul “Jihad Terlarang” karya Mataharitimoer. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi menurut Klaus Krippendorf.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya temuan makna jihad dalam novel “Jihad Terlarang” karya Mataharitimoer diantaranya yaitu jihadun nafs (jihad terhadap diri sendiri) yaitu pertama melakukan jihad terhadap diri untuk mempelajari kebaikan, petunjuk dan agama yang benar. Kedua, jihad dengan mengamalkan ilmu yang telah didapat. Ketiga, berjihad terhadap diri untuk mendakwahkan dan mengajarkan ilmu. Jihadus syaithan (jihad melawan godaan setan) meliputi Pertama, jihad melawan setan dengan membuang segala kebimbangan dan keraguan dalam keimanan. Kedua, jihad melawan setan dengan melawan keinginan berbuat kerusakan, menuruti syahwat dan rayuan setan setan. Terakhir jihad melawan kezaliman dan kefasikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi; Jihad; Novel; Jihad Terlarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.72 Jihad
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:52
Last Modified: 29 Jul 2024 09:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22515

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics