Pengaruh persepsi peserta didik tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fiqih peserta didik kelas VIII di MTs Tuan Sokolangu Mojolawaran kecamatan Gabus kabupaten Pati tahun 2010/2011
Muadah, Siti (2011) Pengaruh persepsi peserta didik tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fiqih peserta didik kelas VIII di MTs Tuan Sokolangu Mojolawaran kecamatan Gabus kabupaten Pati tahun 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111209_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
73111209_bab1.pdf - Accepted Version
Download (48kB) | Preview
73111209_bab2.pdf - Accepted Version
Download (125kB) | Preview
73111209_bab3.pdf - Accepted Version
Download (34kB) | Preview
73111209_bab4.pdf - Accepted Version
Download (98kB) | Preview
73111209_bab5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
73111209_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui persepsi peserta didik tentang perhatian orang tua peserta didik kelas VIII di MTs Tuan Sokolangu Mojolawaran Kecamatan Gabus Kabupaten Pati tahun 2010/2011. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran Fiqih peserta didik kelas VIII MTs Tuan Sokolangu Mojolawaran Kecamatan Gabus Kabupaten Pati tahun 2010/2011. (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh persepsi peserta didik tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fiqih peserta didik kelas VIII di MTs Tuan Sokolangu Mojolawaran Kecamatan Gabus Kabupaten Pati tahun 2010/2011.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data untuk variabel persepsi peserta didik tentang perhatian orang tua (X) menggunakan instrumen angket, sedangkan untuk variabel prestasi belajar mata pelajaran Fiqih peserta didik (Y) menggunakan nilai raport mata pelajaran Fiqih peserta didik kelas VIII semester I MTs Tuan Sokolangu Mojolawaran Kecamatan Gabus Kabupaten Pati pada tahun ajaran 2010/2011.
Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi satu prediktor dengan skor deviasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi satu prediktor dapat diketahui bahwa persamaan garis regresi Y = 0,83X + 18,06. Sedangkan pada uji F diketahui hasil Freg 44,112. Sehingga untuk taraf signifikansi 5% ditulis F0,05 (1:39) = 4,10, dan taraf 1% ditulis F0,01 (1:39) = 7,35, karena Freg > Ftabel, berarti signifikan dan hipotesis diterima Dengan demikian dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara persepsi peserta didik tentang perhatian orang tua dengan prestasi belajar mata pelajaran Fiqih. Artinya, semakin baik persepsi peserta didik tentang perhatian orang tua, maka akan semakin baik pula prestasi belajar mata pelajaran Fiqih tersebut. Begitupun sebaliknya, semakin buruk persepsi peserta didik tentang perhatian orang tua, maka semakin buruk pula prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih.
Hasil penelitian tersebut diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para orang tua untuk selalu memberikan perhatian bagi anak-anaknya meskipun di sela-sela kesibukan aktivitasnya, agar anak tetap termotivasi dalam belajar sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar; Fiqih; Peran Orang Tua |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 23 Jun 2014 09:56 |
Last Modified: | 23 Jun 2014 09:56 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2253 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year