Pesan-pesan dakwah dalam iklan Go-Jek "edisi Ramadhan"

Niam, Muhammad Khoirun (2023) Pesan-pesan dakwah dalam iklan Go-Jek "edisi Ramadhan". Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601026131_MUHAMMAD_KHOIRUN_NIAM] Text (SKRIPSI_1601026131_MUHAMMAD_KHOIRUN_NIAM)
fullnih_1601026131_muhammad khoirun niam - Farah Amin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dakwah berbasis iklan layanan masyarakat memiliki potensi yang cukup penting dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat, sebab dakwah juga upaya menyeru kepada manusia dalam kebaikan. Sehingga peneliti menentukan bahwa masalah pada penelitian ini adalah pesan-pesan dakwah yang terkandung dalam iklan Go-Jek. Melalui rumusan masalah ini peneliti berharap bisa menemukan pesan-pesan dakwah yang terkandung di dalam iklan Go-Jek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif Deskriptif, yang bertujuan umtuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah Diantaranya adalah ajakan untuk kebersihan sebagaimana yang telah di anjurkan dalam hadist. Ajakan untuk melakukan kebaikan dengan berbagi. Berbagi merupakan salah satu cara berbuat baik sebagaimana surat An-Nisa’ ayat 36 yang menganjurkan bahwa setiap umat Islam dianjurkan untuk bebruat baik kepada anak yatim. Tradisi berbagi yang terdapat dalam Al-Quran surat Al-Baqoroh ayat 245. Selanjutnya yakni upaya berbuat baik dengan membantu orang lain. Kesimpulan lain yang peneliti rangkum pada skripsi ini adalah iklan Go-Jek versi Ramadhan yang ditampilkan guna Untuk merespon masalah banyak khalayak dalam pandemi Covid-19. Tawaran jasa yang terdapat pada Go-Jek diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang terjadi pada masyarakat luas. Selain itu, peneliti meyakini bahwa pada penelitian ini memeliki kelemahan yakni dalam ruang pendeskripsian dakwah sebetulnya kurang variatif dan luas karena objek penelitian hanya bersumber pada satu iklan saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Iklan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 29 Jul 2024 10:30
Last Modified: 29 Jul 2024 10:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22552

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics