Arah kiblat masjid-masjid bersejarah : studi analisis arah kiblat Masjid Al-Makmur Kriyan, Masjid An-Nur Sendang dan Masjid Baiturrahman Robayan di Kabupaten Jepara Jawa Tengah

Azkiyauddin, Zamma (2023) Arah kiblat masjid-masjid bersejarah : studi analisis arah kiblat Masjid Al-Makmur Kriyan, Masjid An-Nur Sendang dan Masjid Baiturrahman Robayan di Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602046057_Zamma_Azkiyauddin] Text (Skripsi_1602046057_Zamma_Azkiyauddin)
Skripsi_1602046057_Zamma_Azkiyauddin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Persoalan arah kiblat pada sejumlah masjid atau musholla, pada dasarnya karena ketika pembangunan pertama kali dilakukan menggunakan penentuan arah kiblat berdasarkan ancer-ancer atau diukur menggunakan alat seadanya. Terlebih masjid-masjid bersejarah yang berusia ratusan tahun dan di bangun oleh seseorang yang memiliki ilmu tinggi/karomah. Berawal dari artikel tentang lima masjid bersejarah di Kabupaten Jepara Jawa Tengah, kemudian penulis menelusuri sejarah dan riwayat pengecekan arah kiblat masjid-masjid tersebut, dan baru dua masjid yang telah dilakukan pengecekan sedangkan tiga yang lainnya belum, kemudian penulis mengambil tiga masjid tersebut untuk diangkat ke dalam penelitian. Sehingga muncul pokok permasalahan yakni bagaimanakah akurasi arah kiblat masjid-masjid bersejarah terutama Masjid Al-Makmur Kriyan, Masjid An-Nur Sendang dan Masjid Baiturrahman Robayan dan bagaimana respon masyarakat mengenai pengukuran arah kiblat?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif atau disebut juga penelitian lapangan (Field Research). Sumber data terdiri dari data primer berupa Masjid Al-Makmur, Masjid An-Nur, Masjid Baiturrahman dan masyarakat yang bersangkutan. Serta data sekunder yang diperoleh dari berbagai tulisan yang tercantum di buku, jurnal atau artikel. Adapun teknik penumpulan data menggunakan metode observasi untuk mengetahui akurasi arah kiblat masjid bersejarah dengan menggunakan metode Raṣdul kiblat dan google earth sebagai verifikasinya, kemudian metode wawancara untuk mengetahui seluk beluk masjid bersejarah dan riwayat pengukuran arah kiblat, serta respon terhadap pengukuran dan metode dokumentasi.
Dari penelitian ini, penulis menyimpulkan arah kiblat Masjid An-Nur Sendang sudah tepat ke arah Ka’bah, namun Masjid Al-Makmur Kriyan terjadi kemelencengan sebesar 2° 50’ ke arah barat sedangkan Masjid Baiturrahman Robayan mengalami kemelencengan 0° 50”. Adapun respon masyarakat terhadap pengukuran arah kiblat pada umumnya diterima, bisa dilihat dari ketiga masjid tersebut yang baru saja direnovasi dan ketika hendak dibangun dilakukan pengukuran arah kiblat kembali. Sehingga dengan dilakukan pengukuran arah kiblat tersebut bisa menghindarkan dari kemelencengan yang cukup besar nilai derajatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arah Kiblat; Masjid bersejarah; Jepara
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 May 2024 04:04
Last Modified: 16 May 2024 04:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22636

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics