Uji akurasi kompas arah kiblat dengan koreksi bayangan matahari dalam aplikasi Digital Falak versi 2.2.6 karya Ahmad Tholhah Ma’ruf

Mubarok, Syahrul (2023) Uji akurasi kompas arah kiblat dengan koreksi bayangan matahari dalam aplikasi Digital Falak versi 2.2.6 karya Ahmad Tholhah Ma’ruf. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802046078_Syahrul_Mubarok] Text (Skripsi_1802046078_Syahrul_Mubarok)
Skripsi_1802046078_Syahrul_Mubarok.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, muncul para pegiat ilmu falak yang terdorong untuk menghasilkan karya-karya ilmu falak kemudian dituangkan dalam aplikasi handphone android dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Mengetahui arah kiblat merupakan hal yang wajib bagi setiap umat Islam, sebab dalam menjalankan ibadah salat kita diharuskan untuk menghadap ke arah kiblat. Aplikasi Digital falak merupakan aplikasi yang dibuat oleh Ahmad Tholhah Ma’ruf. Aplikasi Digital Falak terus mengalami pembaruan dan perkembangan di beberapa fitur. Pembaruan terakhir dilakukan pada tanggal 29 Maret 2022 menjadi aplikasi Digital Falak versi 2.2.6. Salah satu fitur yang mengalami perkembangan adalah arah kiblat. Dalam aplikasi Digital Falak versi 2.2.6 ini ditambahkan fitur Kompas Matahari arah kiblat. Dalam aplikasi Digital Falak versi 2.2.6 Ahmad Tholhah Ma’ruf memadukan antara kompas dengan Matahari untuk penentuan arah kiblat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui algoritma hisab arah kiblat dalam fitur Kompas Matahari arah kiblat aplikasi Digital Fakal versi 2.2.6 serta untuk mengetahui bagaimana tingkat keakurasian hisab hisab arah kiblat dalam fitur Kompas Matahari arah kiblat aplikasi Digital Fakal versi 2.2.6.
Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) yang termasuk dalam jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif evaluatif, yaitu penulis berupaya mengungkap dan memahami hisab arah kiblat dalam fitur Kompas Matahari arah kiblat aplikasi Digital Fakal versi 2.2.6.
Berdasarkan hasil analisis algoritma Kompas Matahari arah kiblat tidak berbeda jauh dengan kompas arah kiblat dari aplikasi Digital Falak yang sudah ada sebelumnya. Fitur Kompas Matahari arah kiblat menambahkan azimuth Matahari sebagai acuan untuk menentukan arah kiblat. Algoritma yang digunakan dalam Kompas Matahari arah kiblat diambil dari kitab Durus alFalakiyah yang dipadukan dengan durul ‘aniq untuk penentuan azimuth Matahari. Hasil perhitungan arah kiblat menggunakan kompas Matahari arah kiblat aplikasi Digital Falak versi 2.2.6 dengan theodolite berlokasi di Masjid Agung Jawa Tengah menunjukan perbedaan hanya pada kisaran detik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hisab; Arah Kiblat; Kompas Matahari; Theodolite; Aplikasi Digital Falak; Ahmad Tholhah Ma’ruf
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 May 2024 07:47
Last Modified: 16 May 2024 07:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22641

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics