Hubungan pengetahuan pencemaran lingkungan dengan perilaku pro-environmental berdasarkan jenjang kelas siswa SMA Negeri 7 Semarang

Afifah, Sekar Rana (2023) Hubungan pengetahuan pencemaran lingkungan dengan perilaku pro-environmental berdasarkan jenjang kelas siswa SMA Negeri 7 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086019_Sekar_Rana_Lengkap] Text (Skripsi_1908086019_Sekar_Rana_Lengkap)
Skripsi_1908086019_Sekar_Rana_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Sumber daya alam dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga menjadi faktor terjadinya pencemaran lingkungan. Penerapan perilaku pro-environmental merupakan salah satu usaha untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Sekolah berkewajiban untuk menumbuhkan kepedulian lingkungan siswa. Jenjang pendidikan yang tinggi akan menambah pengetahuan siswa dan berdampak pada perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pengetahuan pencemaran lingkungan dengan perilaku pro-environmental berdasarkan jenjang kelas siswa SMA Negeri 7 Semarang, menganalisis pengetahuan pencemaran lingkungan berdasarkan jenjang kelas siswa SMA Negeri 7 Semarang, serta menganalisis perilaku pro-environmental berdasarkan jenjang kelas siswa SMA Negeri 7 Semarang. Metode kuantitatif dengan jenis korelasional digunakan pada penelitian ini. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin, banyaknya sampel tiap kelas menggunakan proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian ini meliputi: Pertama, tidak ada hubungan antara pengetahuan pencemaran lingkungan dengan perilaku pro-environmental berdasarkan jenjang kelas siswa SMA Negeri 7 Semarang, hal ini dibuktikan dengan perhitungan menggunakan uji korelasi product moment yang mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,991 pada kelas X dan 0,777 pada kelas XI MIPA. Kedua, tidak ada beda pengetahuan pencemaran lingkungan berdasarkan jenjang kelas siswa SMA Negeri 7 Semarang, hal ini dibuktikan dengan perhitungan menggunakan uji-T yang mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,051. Ketiga, terdapat beda perilaku pro-environmental berdasarkan jenjang kelas siswa SMA Negeri 7, hal ini dibuktikan dengan perhitungan menggunakan uji-T yang mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,01.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan; Pencemaran Lingkungan; Perilaku pro-environmental; Jenjang Kelas; Siswa SMA
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 571 Physiology and related subjects
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Jul 2024 09:34
Last Modified: 09 Jul 2024 09:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22754

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics