Pengembangan e-modul etnobotani berbasis unity of sciences (UoS) pada materi keanekaragaman hayati dan sistem klasifikasi kelas X SMA/MA

Rohmah, Ati Auliyaur (2023) Pengembangan e-modul etnobotani berbasis unity of sciences (UoS) pada materi keanekaragaman hayati dan sistem klasifikasi kelas X SMA/MA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086029_Ati_Auliyaur_Rohmah] Text (Skripsi_1908086029_Ati_Auliyaur_Rohmah)
Skripsi_1908086028_Maghfirotur_Rif'ah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

E-modul menjadi sumber belajar tambahan siswa untuk memahami materi-materi yang sulit dipahami. E-modul etnobotani menjadi solusi dari kurangnya kesadaran generasi muda terhadap urgensi pelestarian alam dan budaya serta belum adanya ketersediaan kurikulum beserta pengembangan sumber belajar khusus berbasis Unity of Sciences (UOS) berupa kajian etnobotani (kajian biologi dengan budaya) dan Islam. E-modul tersebut diterapkan melalui kompetensi dasar 3.2 dan 3.3 materi Keanekaragaman Hayati dan Klasifikasi Makhluk Hidup kelas X SMA/MA karena memiliki materi yang abstrak dan sulit dipahami siswa apabila tidak diimbangi pembelajaran nyata. Penelitian ini bertujuan untuk memutus dikotomi ilmu pengetahuan dan memahami urgensi pelestarian alam dan budaya. Penelitian ini memiliki fokus dengan mengembangkan e-modul etnobotani berbasis Unity of Sciences (UOS) dengan menggunakan Power Point Show. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik analisis data yang digunakan menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan haisl kelayakan produk e-modul menunjukkan hasil validasi materi sebesar 79%, UOS Islam sebesar 95%, UOS kearifan lokal sebesar 94%, media sebesar 90%, guru biologi 96% dan uji skala kecil sebesar 88%. Dari data tersebut diambil rata-rata kelayakan e-modul sebesar 89% dengan kategori “sangat layak”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-modul; Etnobotani; Power point; Unity of sciences; Integrasi sains dan Islam; Klasifikasi; Keanekaragaman hayati
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 571 Physiology and related subjects
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Jul 2024 01:28
Last Modified: 10 Jul 2024 01:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22759

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics