Pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTs Negeri kota Magelang tahun pelajaran 2011
Imadah, Imadah (2011) Pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTs Negeri kota Magelang tahun pelajaran 2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111549_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (850kB) | Preview
73111549_bab1.pdf - Accepted Version
Download (40kB) | Preview
73111549_bab2.pdf - Accepted Version
Download (144kB) | Preview
73111549_bab3.pdf - Accepted Version
Download (46kB) | Preview
73111549_bab4.pdf - Accepted Version
Download (271kB) | Preview
73111549_bab5.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
73111549_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; 1) Tingkat kemandirian
belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Kota Magelang Tahun Pelajaran 20l0l20ll;
2) Prestasi belajar mata pelajaran fiqih yang dicapai siswa kelas VIII MTs Negeri
Kota Magelang Tahun Pelajaran 201012011 ; 3) Apakah ada pengaruh
kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa
kelas VIII MTs Negeri Kota Magelang Tahun Pelajaran 201012011.
Penelitian ini menggunakan jenis penelltian survai dengan tekhnik
analisis regresi satu prediktor. Subjek penelitian sebanyak 72 responden,
menggunakan tekhnik proportional random sampling. Pengumpulan data
kemandirian belajar siswa dilakukan dengan menggunakan angket kemandirian
belajar yang tercermin dalam 26 butir pemyataan dimana masing-masing item
pernyataan disediakan 5 alternatifjawaban. Selanjutnya data prestasi belajar mata
pelajaran fiqih dilakukan dengan melihat nilai hasil mengerjakan soal mata
pelajaran fiqih.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis regresi satu prediktor. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa
: ada pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran
fiqih kelas VIII MTs Negeri Kota Magelang Tatrun Pelajaran 20l0l20n.
Ditunjukkan oleh (1) Skor rata-rata kemandirian belajar siswa 82,375. (2) Prestasi
belajar mata pelajaran fiqih menunjukkan nilai rata-rata 85,694 (3) Berdasarkan
klasifikasi, maka tingkat kemandirian belajar dan prestasi belajar mata pelajaran
fiqih secara urnum termasuk dalarn kategori sedang. (4) Berdasarkan analisis
regresi linier satu prediktor dapat ditarik kesimpulan bahwa : Ada pengaruh
positif dan signifikan antara kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar
mata pelajaran fiqih ditunjukkan oleh R.r,y : 0,707 dan R2ry = A,499 maka
pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih
sebesar A,499 X 100 : 49,9Yo yang ditunjukkan olehEhitung: 69,823 pada taraf
kepercayaan a 0,01 : 7,01 dan untuk taraf kepercaymrL a 0,05 = 3,98, maka
perbandingan F hitung > F tabel.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan
informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para malrasisw4 para tenaga
pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN
Walisongo Semarang terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar
senantiasa meningkatkan kemandirian belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar; Fiqih; Kemandirian Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 25 Jun 2014 03:40 |
Last Modified: | 25 Jun 2014 03:40 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2276 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year