Pengaruh problem based learning (PBL) terintegrasi nilai Islam terhadap literasi lingkungan dan kemandirian belajar pada materi ekosistem kelas X SMA

Faizah, Alysia Nurul (2023) Pengaruh problem based learning (PBL) terintegrasi nilai Islam terhadap literasi lingkungan dan kemandirian belajar pada materi ekosistem kelas X SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086034_Alysia_Nurul_Faizah] Text (Skripsi_1908086034_Alysia_Nurul_Faizah)
Skripsi_1908086034_Alysia_Nurul_Faizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran pada abad ke-21 menuntut berbagai macam keterampilan harus dikuasai peserta didik. Literasi lingkungan merupakan keterampilan yang ditekankan dan terdapat dalam tema pembelajaran abad ke-21. Peserta didik juga dituntut untuk semakin mandiri dalam belajar dan berkembang menyesuaikan zamannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Problem Based Learning (PBL) terintegrasi nilai Islam terhadap literasi lingkungan dan kemandirian belajar materi ekosistem kelas X SMA. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design, dan pengambilan sampel secara purposive sampling. Hasil penelitian ini yaitu adanya pengaruh PBL terintegrasi nilai Islam terhadap literasi lingkungan dan kemandirian belajar materi ekosistem kelas X SMA yang didasarkan dari data hasil uji anacova one way, memperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 pada kedua variabel tersebut yang menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Integrasi sains dan Islam; Literasi lingkungan; Kemandirian belajar; Ekosistem Pembelajaran abad ke-21; Problem Based Learning (PBL)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 577 Ecology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:24
Last Modified: 10 Jul 2024 08:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22762

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics