Pengaruh model socio scientific issue teaching and learning (SSI-TL) terhadap kemampuan argumentasi ilmiah dan literasi kesehatan siswa pada materi sistem koordinasi

Ma'rifah, Anis (2023) Pengaruh model socio scientific issue teaching and learning (SSI-TL) terhadap kemampuan argumentasi ilmiah dan literasi kesehatan siswa pada materi sistem koordinasi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086053_Anis_Ma'rifah] Text (Skripsi_1908086053_Anis_Ma'rifah)
Skripsi_1908086053_Anis_Ma'rifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Paradigma pembelajaran abad 21 menuntut siswa memiliki keterampilan 4C meliputi creativity, critical thinking, collaboration, dan communication. Keterampilan belajar berpikir kritis (critical thinking) yang telah dikembangkan dapat diperoleh dengan melatih kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Pentingnya keterampilan 4C diiringi dengan tema abad 21 salah satunya literasi kesehatan. Penelitian ini menerapkan model SSI-TL untuk melatih kemampuan argumentasi ilmiah dan literasi kesehatan. Tujuan penelitian untuk 1) menganalisis pengaruh model SSI-TL terhadap kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi sistem koordinasi, 2) menganalisis pengaruh SSI-TL terhadap literasi kesehatan siswa pada materi sistem koordinasi. Metode penelitian ini adalah quasy eksperimental dengan teknik sampling purposive sampling, didapatkan sampel kelas XI MIPA 8 (eksperimen) dan XI MIPA 10 (kontrol). Instrumen yang digunakan pada argumentasi ilmiah adalah tes, sedangkan literasi kesehatan menggunakan kuesioner HLS EU Q16. Uji hipotesis menggunakan uji anacova. Berdasarkan hasil penelitian, menujukkan bahwa 1) penerapan model SSI-TL berpengaruh terhadap kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Hal ini dibuktikan pada uji anacova dengan nilai signifikansi 0,039 < 0,05, Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada beda kemampuan argumentasi ilmiah siswa setelah penerapan model SSI-TL. 2) Penerapan model SSI-TL berpengaruh terhadap kemampuan literasi kesehatan siswa. Hal ini dibuktikan pada uji anacova dengan nilai signifikansi 0,012 < 0,05, Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada beda literasi kesehatan sisea setelah penerapan model SSI-TL.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Socio Scientific Issue Teaching and Learning (SSI-TL); Argumentasi Ilmiah; Literasi Kesehatan; Sistem koordinasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 571 Physiology and related subjects
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:17
Last Modified: 10 Jul 2024 04:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22767

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics