Pengembangan e-modul berorientasi higher order thinking skills (HOTS) pada materi sel kelas XI SMA
Muna, Ashfa Tsamrotal (2023) Pengembangan e-modul berorientasi higher order thinking skills (HOTS) pada materi sel kelas XI SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1908086066_Ashfa_Tsamrotal_Muna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Higher Order Thinking Skills (HOTS) menjadi salah satu keterampilan yang masih kurang diberdayakan, salah satu penyebabnya adalah proses pembelajaran masih didominasi oleh guru. Permasalahan tersebut mendorong peneliti untuk mengatasi permasalahan HOTS siswa melalui lembar kerja dan soal-soal berorientasi HOTS dalam suatu bahan ajar berbasis teknologi berupa e-modul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji kelayakan dari e-modul berorientasi HOTS pada materi sel yang dikembangkan oleh peneliti. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Analisis data menggunakan studi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian meliputi, 1. Pembuatan e-modul menggunakan aplikasi PDF Builder dan aplikasi pendukung lainnya, yaitu PPT, Canva, Youtube, dan Google. Layout dari e-modul terdiri dari cover depan dan cover belakang e-modul, kata pengantar, daftar isi, kompetensi, glosarium, peta konsep, petunjuk penggunaan produk, kegiatan pembelajaran, latihan soal, daftar pustaka. E-Modul dapat diakses secara gratis dan bebas melalui laman: https://online.flipbuilder.com/nelkc/soyi/., 2. E-modul sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi (82,85%), ahli media (80%), ahli HOTS (91,11%), guru biologi (92%), dan uji kelayakan oleh siswa (89,49%), sehingga diperoleh persentase kelayakan rata-rata sebesar 87,09% dengan kategori sangat layak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul; Higher Order Thinking Skills (HOTS); Sel |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 571 Physiology and related subjects |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 07:18 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 07:18 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22772 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year