Pengembangan media pembelajaran P Sel bermuatan karakter nilai-nilai Islami pada materi pembelahan sel untuk menunjang kemampuan literasi digital peserta didik

Waqi'ah, Waqi'ah (2023) Pengembangan media pembelajaran P Sel bermuatan karakter nilai-nilai Islami pada materi pembelahan sel untuk menunjang kemampuan literasi digital peserta didik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086090_Waqi'ah] Text (Skripsi_1908086090_Waqi'ah)
Skripsi_1908086090_Waqi'ah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Era digitalisasi membuat perkembangan yang sangat pesat, terutama di bidang pendidikan. Pembelajaran harus bersifat kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan perkembangan digital. Peserta didik harus memiliki kemampuan dasar dalam literasi digital. Salah satu materi biologi yang membutuhkan pemahaman lebih yaitu pembelahan sel. Meninjau dari segi kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran, peneliti mengembangkan aplikasi P Sel bermuatan karakter nilai-nilai Islami untuk menunjang kemampuan literasi digital peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan keterbacaan produk media pembelajaran P Sel bermuatan karakter nilai islami dalam menunjang kemampuan literasi digital peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Sampel pada penelitian ini yaitu 15 peserta didik kelas 11 SMA N 1 Limbangan dengan teknik random sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif sangat layak untuk digunakan. Hal ini dapat diketahui dari hasil validasi ahli materi mendapat skor 81% (sangat layak), ahli media mendapat skor 70,7% (layak) dan ahli literasi digital mendapat skor 88% (sangat layak). Ditinjau dari segi keterbacaan produk, media pembelajaran interaktif sangat baik digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari tanggapan guru biologi mendapat skor 83% (sangat baik) dan uji skala kecil terhadap 15 peserta didik mendapat rerata skor 85% (sangat baik).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aplikasi P Sel; Literasi Digital; Pembelahan Sel; Integrasi sains dan Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 571 Physiology and related subjects
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:21
Last Modified: 11 Jul 2024 01:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22779

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics