Studi eksperimen implementasi metode edutainment belance terhadap motivasi belajar sejarah kebudayaan Islam materi Fathu Makkah kelas V MI Darussalam Sumowono kabupaten Semarang tahun 2010
Aisah, Siti (2011) Studi eksperimen implementasi metode edutainment belance terhadap motivasi belajar sejarah kebudayaan Islam materi Fathu Makkah kelas V MI Darussalam Sumowono kabupaten Semarang tahun 2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111553_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
73111553_bab1.pdf - Accepted Version
Download (42kB) | Preview
73111553_bab2.pdf - Accepted Version
Download (164kB) | Preview
73111553_bab3.pdf - Accepted Version
Download (38kB) | Preview
73111553_bab4.pdf - Accepted Version
Download (44kB) | Preview
73111553_bab5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
73111553_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Seberapa jauh perbedaan yang positif pada motivasi belajar SKI materi Fathu Makkah siswa kelas V MI Darussalam Sumowono kabupaten Semarang Tahun 2010 sebelum dan sesudah implementasi metode Edutainment Belanbe.
Penelitian ini menggunanakan metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Subyek penelitian ini sebanyak 20 responden, menggunakan teknik sampel quota dari siswa MI Darussalam Sumowono kabupaten Semarang Tahun 2010. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data motivasi belajar SKI sesudah (X1) dan sebelum ( X2) menerapkan metode Edutainment Belanbe.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis uji-t (t-test), dari tabel t untuk uji dua sisi pada distribusi student (t) dengan df 38 diperoleh 2,02 dan perhitungan t dari rerata kedua nilai diperoleh 5,025 . Hal ini menunjukkan bahwa t > t tabel yaitu 5.025 > 2,02, jadi signifikan ada perbedaan pada motivasi belajar SKI sebelum dengan sesudah implementasi metode Edutainment Belanbe. Hal ini dapat juga dapat dilihat dari : 1) Peserta didik yang memiliki motivasi sedang sebelum diterapkannya metode Edutainment Belanbe sebanyak 5 siswa dan sesudah implementasi metode Edutainment Belanbe ada sebanyak 13 siswa. 2). Peserta didik yang memiliki motivasi rendah sebelum diterapkan metode Edutainment Belanbe yaitu sebanyak 9 siswa dan yang memiliki motivasi rendah sesudah implementasi metode Edutainment Belanbe yaitu sebanyak 7 siswa. 3). Yang memiliki motivasi sangat rendah sebelum diterapkan metode Edutainment Belanbe yaitu sebanyak 6 siswa, dan sesudah diterapkan metode tersebut tidak ada lagi yang memiliki motivasi rendah
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Sejarah Kebudayaan Islam; Motivasi Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 25 Jun 2014 04:10 |
Last Modified: | 25 Jun 2014 04:10 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2279 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year