Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET simulation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa
Dewi, Arini Kusuma (2023) Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET simulation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1908076001_Arini_Kusuma_Dewi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET simulation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan metode quasi-experimental atau eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep. Berdasarkan uji-t diperoleh data untuk kemampuan berpikir kritis siswa dengan thitung 2,240 > ttabel 1,666, sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan model inkuiri berbantuan PhET simulation lebih baik dibandingkan dengan model discovery learning. Pemahaman konsep siswa dengan thitung 3,064 > ttabel 1,666, sehingga dapat dikatakan bahwa pemahaman konsep siswa dengan model inkuiri terbimbing berbantuan PhET simulation lebih baik dibandingkan dengan model discovery learning. Data di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan PhET simulation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Inkuiri Terbimbing berbantuan PhET; Berpikir Kritis; Pemahaman Konsep |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 08:44 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 08:44 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22792 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year