Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET simulation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa

Dewi, Arini Kusuma (2023) Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET simulation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908076001_Arini_Kusuma_Dewi] Text (Skripsi_1908076001_Arini_Kusuma_Dewi)
Skripsi_1908076001_Arini_Kusuma_Dewi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET simulation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan metode quasi-experimental atau eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep. Berdasarkan uji-t diperoleh data untuk kemampuan berpikir kritis siswa dengan thitung 2,240 > ttabel 1,666, sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan model inkuiri berbantuan PhET simulation lebih baik dibandingkan dengan model discovery learning. Pemahaman konsep siswa dengan thitung 3,064 > ttabel 1,666, sehingga dapat dikatakan bahwa pemahaman konsep siswa dengan model inkuiri terbimbing berbantuan PhET simulation lebih baik dibandingkan dengan model discovery learning. Data di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan PhET simulation.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Inkuiri Terbimbing berbantuan PhET; Berpikir Kritis; Pemahaman Konsep
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Jul 2024 08:44
Last Modified: 11 Jul 2024 08:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22792

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics