Pengaruh penggunaan media pembelajaran Devlabs terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi larutan penyangga

Khasanah, Rania Nurul (2023) Pengaruh penggunaan media pembelajaran Devlabs terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi larutan penyangga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908076011_Rania_Nurul_Khasanah] Text (Skripsi_1908076011_Rania_Nurul_Khasanah)
Skripsi_1908076011_Rania_Nurul_Khasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kurangnya pemanfaatan media dalam proses pembelajaran menjadi salah satu penyebab rendahnya pemahaman konseptual pada siswa di SMA N 1Kaliwungu. Oleh sebab itu media pembelajaran diperlukan untuk membantu mengoptimalkan kemampuan dalam mengingat dan memahami suatu materi. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu berupa media pembelajaran berbasis web contohnya media pembelajaran devlabs. Devlabs dalam penelitian ini diharapkan dapat membantu dan meningkatkan pemahaman konsep siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi ekperimental research dengan desain non-equivalent control group design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran devlabs terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Kaliwungu Kendal dimana sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 5. Teknik sampling yang digunakan yaitu claster random sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis pemahaman konsep, uji perbedaan dua rata-rata, uji pihak kanan, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap pemahaman konsep siswa setelah menggunakan media pembelajaran devlabs dengan uji independent sampel t-test sebagai uji hipotesis yaitu 0,000 < 0,05. Hasil uji effect size sebesar 3,80% dengan Kategori “tinggi” yang membuktikan bahwa media pembelajaran devlabs berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa. Hasil angket respon 75% siswa dimana siswa cukup tertarik dan 22,2 % tertarik dengan penggunaan media pembelajaran devlabs.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Pemahaman konsep; Devlabs; Larutan penyangga
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:06
Last Modified: 12 Jul 2024 03:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22796

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics