Upaya peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis materi surat-surat pendek melalui metode reading aloud pada siswa kelas III MI Al Hikmah Polaman Mijen Semarang tahun pelajaran 2010/2011

salam, Abdul (2011) Upaya peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis materi surat-surat pendek melalui metode reading aloud pada siswa kelas III MI Al Hikmah Polaman Mijen Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73111554_coverdll.pdf]
Preview
Text
73111554_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (555kB) | Preview
[thumbnail of 73111554_bab1.pdf]
Preview
Text
73111554_bab1.pdf - Accepted Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 73111554_bab2.pdf]
Preview
Text
73111554_bab2.pdf - Accepted Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 73111554_bab3.pdf]
Preview
Text
73111554_bab3.pdf - Accepted Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 73111554_bab4.pdf]
Preview
Text
73111554_bab4.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 73111554_bab5.pdf]
Preview
Text
73111554_bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 73111554_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73111554_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Apakah Strategi reading aloud dapat meningkatkan prestasi belajar Al Qur’an Hadis di kelas III MI Al Hikmah Polaman Mijen Semarang.

Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada siswa kelas III. Dari hasil observasi secara langsung di kelas III yang pembelajarannya masih menggunakan metode konvensional, siswa cenderung kurang aktif dalam mengikuti pelajaran. Hal ini dapat dilihat dari saat pelajaran berlangsung. Sebagian siswa masih ada yang hasil belajarnya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Obyek penelitian ini adalah MI Al Hikmah dengan populasi 89 siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengambil satu kelas untuk penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode reading aloud yaitu kelas III yang jumlahnya ada 15 siswa.

Setelah pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode reading aloud maka terciptalah suasana pembelajaran yang aktif dan tercipta suasana kelas yang lebih hidup, siswa menjadi lebih aktif dan hasil belajar bisa lebih meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus , yaitu siklus 1,2 dan siklus 3. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.Prestasi hasil belajar dengan penerapan metode reading aloud pada siklus I rata-rata kelas mencapai 72,66 yang semula pada pra siklus mempunyai rata-rata 71,13.Pada siklus II rata-rata kelas menjadi 77,50 dan pada siklus III rata-rata kelas mencapai 80,85

Dilihat dari tahap demi tahap dapat terbaca adanya peningkatan yang segnifikan. Namun demikian masih terdapat satu siswa yang nilainya masih di bawah KKM. Hal ini disebabkan karena beberapa hal,diantaranya yaitu siswa memiliki daya ingat yang rendah dan tingkat intelektualitas yang rendah pula.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa dalam mengikuti pelajaran dengan menggunakan metode reading aloud, adanya peningkatan prestasi ini dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh .

Hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (siswa, guru dan orang tua) bahwa dengan menerapkan metode reading aloud prestasi pembelajaran Al Qur’an Hadis dapat ditingkatkan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Al qur’an Hadis; Metode Pembelajaran; Reading Aloud; Prestasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Jun 2014 04:11
Last Modified: 25 Jun 2014 04:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2280

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics