Pengaruh model contextual teaching and learning (CTL) terhadap kecerdasan interpersonal dan hasil belajar kognitif pada materi larutan penyangga
Aniroh, Idamatul (2023) Pengaruh model contextual teaching and learning (CTL) terhadap kecerdasan interpersonal dan hasil belajar kognitif pada materi larutan penyangga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1908076023_Idamatul_Aniroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (10MB)
Abstract
Penerapan model pembelajaran yang tidak melibatkan peserta didik aktif berinteraksi dengan lingkungan dan kurang maksimal dalam mengaitkan materi pelajaran terhadap konteks kehidupan nyata menjadi salah satu faktor penyebab kurang optimalnya kecerdasan interpersonal dan rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik. Salah satu variasi model pembelajaran yang menerapkan kegiatan kerja kelompok dan mengaitkan materi pada konteks nyata adalah model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental tipe pre test-post test control group design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CTL terhadap kecerdasan interpersonal dan hasil belajar kognitif pada materi larutan penyangga. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Semarang dengan sampel penelitian kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 6. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu berupa uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CTL berpengaruh terhadap kecerdasan interpersonal dan hasil belajar kognitif pada materi larutan penyangga. Hasil uji t pengaruh model CTL terhadap kecerdasan interpersonal didapatkan signifikansi 0,013 dan terhadap hasil belajar kognitif didapatkan signifikansi 0,000. Hal ini menunjukkan Ha1 dan Ha2 diterima karena nilai signifikansi keduanya < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Larutan Penyangga; Kecerdasan Interpersonal; Hasil Belajar Kognitif; Model Pembelajaran; Contextual Teaching and Learning (CTL) |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 01:11 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 01:11 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22803 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year