Pengaruh implementasi model pembelajaran auditory, intellectually, repetition (AIR) berbantuan talking stick terhadap kemampuan argumentasi peserta didik pada materi larutan penyangga

Cahyani, Sukma Yulia Dwi (2023) Pengaruh implementasi model pembelajaran auditory, intellectually, repetition (AIR) berbantuan talking stick terhadap kemampuan argumentasi peserta didik pada materi larutan penyangga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908076036_Sukma_Yulia_Dwi_Cahyani] Text (Skripsi_1908076036_Sukma_Yulia_Dwi_Cahyani)
Skripsi_1908076036_Sukma_Yulia_Dwi_Cahyani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB)

Abstract

Tantangan di dunia pendidikan pada abad 21 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan 4C yaitu critical thinking and problem solving, creativity and innovation, collaboration dan communication. Salah satu kemampuan komunikasi yang berperan penting dalam pembelajaran sains adalah kemampuan argumentasi ilmiah. Kemampuan argumentasi ilmiah dapat dikembangkan melalui kegiatan pembelajaran. Diperlukan model pembelajaran yang dapat memfasilitasinya yaitu model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi model pembelajaran AIR berbantuan Talking Stick terhadap kemampuan argumentasi peserta didik pada materi larutan penyangga. Larutan penyangga merupakan salah satu materi kimia yang dianggap sulit dan sering terjadi kesalahan dalam memahami teori. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre test-post test non equivalen control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen soal tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran AIR berbantuan talking stick berpengaruh terhadap kemampuan argumentasi peserta didik. Hal ini dibuktikan melalui data hasil uji N-gain kelas eksperimen (0,77) lebih tinggi daripada kelas kontrol (0,68) serta hasil uji hipotesis independent sample t-test dengan nilai sig. 2-tailed sebesar 0,012. Artinya, Ha diterima atau implementasi model pembelajaran AIR berbantuan talking stick berpengaruh terhadap kemampuan berargumentasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Talking stick; Auditory intellectually repetition (AIR); Kemampuan argumentasi; Larutan penyangga
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:13
Last Modified: 15 Jul 2024 02:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22807

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics