Analisis soal HOTS dalam ujian sekolah mata pelajaran fisika kelas XII tahun pelajaran 2021/2022 di SMA Muhammadiyah 1 Batam

Labib, Muhammad (2023) Analisis soal HOTS dalam ujian sekolah mata pelajaran fisika kelas XII tahun pelajaran 2021/2022 di SMA Muhammadiyah 1 Batam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808066004_Muhammad_Labib] Text (Skripsi_1808066004_Muhammad_Labib)
Skripsi_1808066004_Muhammad_Labib.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji terkait analisis soal Ujian Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Batam sebanyak 40 butir soal pilihan ganda yang dibuat oleh guru dan diujikan kepada 25 testee dalam menakar muatan soal HOTS yang terkandung dan juga karakteristik kualitas soal berdasarkan validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran soal. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data pra-riset penelitian ini diperoleh melalui metode dokumentasi, yaitu seperangkat soal beserta kunci jawaban dan lembar jawaban testee. Analisis soal tipe HOTS berdasarkan taksonomi Bloom dinilai menggunakan lembar validasi dengan bantuan dua validator ahli. Analisis karakteristik butir soal menggunakan teknik Rasch model dengan bantuan software Quest. Hasil analisis HOTS menunjukkan bahwa komposisi soal didominasi oleh soal kategori LOTS yang mencapai nilai 77,5% dan soal muatan HOTS sebesar 22,5%, dengan distribusi soal berdasarkan level kognitif soal pada kategori LOTS antara lain yaitu soal C1 (12,5%); C2 (20%); C3 (45%), dan yang terindikasi HOTS dengan level soal C4 (22,5%), C5 (0%), dan C6 (0%). Hasil analisis pada validitas butir soal terindikasi sebanyak 26 soal (65%) yang berkategori valid. Reliabilitas soal termasuk pada kategori reliabilitas yang tinggi dengan nilai 0,76 (r11) > 0,70 (rteori). Tingkat kesukaran butir soal terklasifikasi dengan kategori: soal mudah berjumlah 8 soal (17,5%), soal sedang 24 soal (62,5%), dan soal sukar 8 soal (20%). Distribusi daya pembeda butir soal mempunyai sebaran dari setiap kategori dengan jumlah soal yaitu; kategori baik sekali 15 soal (37,5%), kategori baik 6 soal (15%), kategori sedang 5 soal (12,5%), dan kategori kurang sebanyak 14 soal (35%).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis Soal; HOTS (High Order Thinking Skill); Ujian Sekolah (US); Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:48
Last Modified: 18 Jul 2024 08:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22841

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics