Pengembangan media pembelajaran e-modul usaha dan energi berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik
Hermawanti, Isti (2023) Pengembangan media pembelajaran e-modul usaha dan energi berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1908066007_Isti_Hermawanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini mengembangkan produk media pembelajaran usaha dan energi modul elektronik berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA/MA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul, mengetahui respon peserta didik, mengetahui perbedaan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model pengembangan Four D Models (4-D). Penelitian ini hanya melewati dari tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Semarang dengan kelas X.7 sebagai kelas kontrol dan kelas X.10 sebagai kelas eksperimen. Hasil persentase uji kelayakan media e-modul sebesar 95% dari ahli media dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 98% dikategorikan sangat layak, dan ahli instrumen sebesar 98,75% dikategorikan sangat layak. Hasil respon peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan memperoleh persentase sebesar 93,67% dari 36 peserta didik dengan kategori sangat layak. Hasil analisis uji Independent Sample T-test pada kelas eksperimen menggunakan e-modul dengan kelas kontrol menggunakan buku sekolah yaitu nilai (Sig.) 0,000, maka dinyatakan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 72.17 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 54.72. Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen berdasarkan hasil uji n-gain memperoleh nilai 0,463 kategori sedang sedangkan kelas kontrol dengan nilai 0,143 kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Modul Elektronik; Pendekatan Saintifik; Berpikir Kritis; Usaha dan Energi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Alifanisaa Hanugra Yuriesandra |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 08:42 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 08:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22844 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year