Pengembangan media pembelajaran e-modul usaha dan energi berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik

Hermawanti, Isti (2023) Pengembangan media pembelajaran e-modul usaha dan energi berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908066007_Isti_Hermawanti] Text (Skripsi_1908066007_Isti_Hermawanti)
Skripsi_1908066007_Isti_Hermawanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan produk media pembelajaran usaha dan energi modul elektronik berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA/MA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul, mengetahui respon peserta didik, mengetahui perbedaan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model pengembangan Four D Models (4-D). Penelitian ini hanya melewati dari tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Semarang dengan kelas X.7 sebagai kelas kontrol dan kelas X.10 sebagai kelas eksperimen. Hasil persentase uji kelayakan media e-modul sebesar 95% dari ahli media dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 98% dikategorikan sangat layak, dan ahli instrumen sebesar 98,75% dikategorikan sangat layak. Hasil respon peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan memperoleh persentase sebesar 93,67% dari 36 peserta didik dengan kategori sangat layak. Hasil analisis uji Independent Sample T-test pada kelas eksperimen menggunakan e-modul dengan kelas kontrol menggunakan buku sekolah yaitu nilai (Sig.) 0,000, maka dinyatakan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 72.17 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 54.72. Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen berdasarkan hasil uji n-gain memperoleh nilai 0,463 kategori sedang sedangkan kelas kontrol dengan nilai 0,143 kategori rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Modul Elektronik; Pendekatan Saintifik; Berpikir Kritis; Usaha dan Energi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:42
Last Modified: 18 Jul 2024 08:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22844

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics