Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis search, solve, create, and share terintegrasi local wisdom untuk meningkatkan hasil belajar pada materi fenomena kuantum
Fuadi, Muhammad Ashar (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis search, solve, create, and share terintegrasi local wisdom untuk meningkatkan hasil belajar pada materi fenomena kuantum. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1908066028_Muhammad_Ashar_Fuadi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (15MB)
Abstract
Penelitian ini mengembangkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis SSCS terintegrasi local wisdom pada materi fenomena kuantum yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&D) yang dilakukan sampai tahap disseminate. Penelitian dilakukan pada skala kecil dan skala besar di SMA N 1 Kendal dengan menggunakan dua sampel yaitu kelas eksperimen diberikan LKPD berbasis SSCS terintegrasi local wisdom dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab dengan bantuan buku paket perpustakaan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA SMA N 1 Kendal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Local wisdom yang dimasukkan dalam LKPD berbasis SSCS terintegrasi local wisdom adalah budaya dan adat yang dilakukan di Kabupaten Kendal. LKPD berbasis SSCS terintegrasi local wisdom dinyatakan valid oleh ahli materi dan ahli media dengan persentase masing-masing sebesar 95,12% dan 96,90% kategori sangat layak. Hal ini menunjukkan LKPD berbasis SSCS terintegrasi local wisdom pada materi fenomena kuantum layak digunakan untuk peserta didik kelas XII MIPA SMA N 1 Kendal. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen setelah menggunakan LKPD berbasis SSCS teritegrasi local wisdom pada materi fenomena kuantum mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang, sehingga pengembangan LKPD dikatakan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD; SSCS; Local Wisdom; Hasil Belajar; Fisika kuantum |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Alifanisaa Hanugra Yuriesandra |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 08:45 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 08:45 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22848 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year